Gotong Royong Pencegahan DBD, Aksi Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan

(DBD)

NIAS SELATAN, RadarBangsa.co.id – Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat melakukan aksi gotong royong di wilayah Kecamatan Telukdalam. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman DBD yang cenderung mengintensif saat musim penghujan.

Kegiatan ini, yang berlangsung pada Selasa (06/2/2024), dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menekan angka kasus DBD dan memutus mata rantai penularan penyakit ini di wilayah Kabupaten Nias Selatan,” ungkap Henny Duha, salah satu perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Salah satu fokus utama kegiatan ini adalah melakukan penyuluhan mengenai praktik 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) sebagai langkah preventif dalam mencegah penyebaranya. Selain itu, juga dilakukan fogging dan pemberian larvasida di beberapa lokasi yang teridentifikasi memiliki kasus DBD.

“Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemberantasan sarang nyamuk, dengan cara membersihkan, menguras, dan mengubur tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, serta menggalakkan penggunaan kelambu saat tidur,” tambah Henny.

Pemerintah Nias Selatan juga memperkuat kegiatan pemberantasan sarang nyamuk melalui gotong royong bersama seluruh OPD dan masyarakat di wilayah Kecamatan Telukdalam. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya dalam mengendalikan populasi nyamuk penular DBD.

“Dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, kita berharap dapat mencegah penyebaran DBD sebelum mencapai tingkat yang mengkhawatirkan,” tutup Henny, mengakhiri pernyataannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *