Gudang Mebel dan Rumah Hunian di Pasuruan, Ludes Dilalap Api

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Kebakaran hebat melalap sebuah gudang Mebel dan sejumlah rumah hunian di Perumahan Pondok Surya Kencana (PSK) Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan pada Rabu (4/12) sore.

Dugaan sementara sumber api berasal dari sebuah gudang Mebel Indah yang terletak disebelah belakang atau utara Perum PSK III Blok antara D. Sejumlah mobil pemadam kebakaran, baik dari Kota maupun Kabupaten Pasuruan dikerahkan untuk menjinakkan api.

Bacaan Lainnya

“Nggak tau apa penyebabnya, tiba tiba muncul terlihat api besar dari sebelah dan dengan kondisi itu jelas kita panik. Dan ini sudah terjadi sudah yang ke 4 kali dan ini paling besar. Mengingat didalam gudang tersebut banyak bahan bahan yang mudah terbakar, ada cairan thiner, cat, busa dan bahan lain untuk mebel”. Ungkap Rusman warga Perum PSK, yang rumah bagian dapur ikut terbakar.

Termasuk sebuah mobil Water Canon milik dari Polresta Pasuruan pun ikut di terjunkan ke sejumlah titik api. Terlihat sejumlah penghuni Perum PSK berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan harta bendanya.

Api sulit dipadamkan, mengingat selain karena faktor angin kencang juga bahan material mebel yang ikut terbakar berupa bahan kimia cair seperti thiner, lem, cat, busa dan lainnya. Namun hingga kurang lebih 3 jam lebih proses pembasahan dan pemadaman, si jago merah pun sudah mulai bisa dikendalikan dan dipadamkan.

Termasuk berkat bantuan para petugas, baik dari PMK, unsur TNI sebanyak 30 personil dari Kostrad Yonzipur 10 yang dipimpin Wakil DanYon Czi Uda Ananduha, anggota Polresta Pasuruan yang dipimpin Kapolresta AKBP Dony Alexander, Satpol PP dan dibantu warga turut membantu memadamkan api.

Beruntung api bisa dikendalikan, sehingga kobaran api tidak merambat lebih luas meskipun hanya sekitar 6 perumahan ikut terbakar yang rata rata hanya terbakar pada bagian dapur belakang.

Dari sejumlah deretan hunian Perum PSK lll yang ikut terbakar pada bagian dapur diantaranya pada Blok D 12 sampai D 16. Atas insiden tersebut, sejumlah penghuni Perum PSK yang terkena dampak kebakaran panik keluar berhamburan untuk menyelamatkan diri dan harta benda miliknya.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander SIK.MH belum bisa menyimpulkan, karena masih fokus pada pencegahan api dan keselamatan warga terdampak.

“Jadi untuk kebakaran ini kalau masalah sebab musababnya masih dalam proses penyelidikan. Namun disini kami fokuskan untuk memadamkan dulu, dan disini ada unsur dari TNI dan juga Polri kita bersinergi beserta masyarakat bersama sama memadamkan kebakaran ini. Agar tidak meluas ke permukiman lain”. Tukas Kapolres Pasuruan Kota. (Ank/ek)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.