Hardiknas di Masa Pandemi, Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Peringatan apel Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali kedua Indonesia memperingati di tengah pandemi covid-19. Meski dilaksanakan secara virtual Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajarasional di Kabupaten Lamongan berjalan dengan khidmat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf memimpin apel secara langsung dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin (03/05).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Yuhronur menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem melalui Huhronur mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjiwai dan menghidupkan kembali pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Hal tersebut diharapkan agar tercipta pendidikan yang berkualitas serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.

“Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

Karenanya, kementerian secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” Nadiem melalui Bupati Lamongan.

Adapun empat upaya perbaikan yang dilakukan kementerian yakni perbaikan infrastruktur pada teknologi, perbaikan kebijakan prosedur dan pendanaan.

Serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan, perbaikan kepemimpinan masyarakat dan budaya, juga perbaikan kurikulum pedagogi dan asesmen.

Menurut Nadiem, krisis pandemi ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menuai kemajuan.

“Saya bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, tentunya dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan,” Nadiem melalui Bupati Lamongan.

Pada momen refleksi terkait apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki ini, Yuhronur mengajak seluruh warga Lamongan utamanya insan pendidikan untuk turut mendukung apa yang telah disampaikan Menristek Nadiem.

“Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri, mari kita dukung hal tersebut dengan terus mengkaji dan melaksanakan merdeka belajar guna menyongsong masa depan yang lebih baik,” tambah Yuhronur.

Dalam acara tersebut, Yuhronur juga menyerahkan penghargaan terhadap siswa-siswi berprestasi Lamongan tingkat Sekolah Dasar Negeri. Kejuaraan sab’ah lomba virtual, juara 1 Pidato Bahasa Arab oleh Emerald Lulu Falah SD Muhammadiyah Lamongan.

Selain itu, juara 1 Pildacil Bahasa Indonesia oleh Nayla Robiah Al Adawiyyah Kaamiliyya SDN Pasi I Glagah, juara 1 Tahfidzul Qur’an  oleh Dyna Faiza SDN Banaran I Babat, juara 1 MTQ Putra oleh M. Wisnu Muzaki SDN Pendowolimo Karangbinangun, dan Juara 1 MTQ Putri oleh Zahra Aulia Putri SDN Glagah I.

Bupati juga menyerahkan penghargaan kejuaraan sekolah tangguh jenjang SD di Lamongan tahun 2021.  SD Negeri Made memperoleh predikat juara umum, SD Kemala Bhayangkari 5 dengan predikat SD tangguh inovatif, serta SD Negeri Baturono yang memperoleh juara I.

(Iful/Fir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *