Heboh, Anggaran 500 Juta Lebih, Pekerjaan Saluran Irigasi Gambir Kuning Diduga Asal Jadi

oleh -391 views

RADARBANGSA.CO.ID || PASURUAN – Upaya untuk mengedepankan kwalitas dan kwantitas didalam suatu pekerjaan, merupakan salah satu penunjang utama agar pekerjaan fisik yang ada dapat bertahan lama.

Namun sayang, banyak sejumlah pihak pelaksana atau pekerja dilapangan yang nakal mengabaikan hal tersebut. Sehingga yang terjadi dilapangan, pekerjaan fisik baik berupa infrastruktur sarana dan juga prasarana tidak akan bertahan lama alias akan mengalami kerusakan seusai pekerjaan itu selesai dikerjakan.

Salah satunya seperti yang terdapat disebuah pekerjaan atau pemeliharaan saluran irigasi tepatnya dijalan Bawang, Desa Gambir Kuning, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan yang diduga penggunaan bahan dan proses pengerjaannya dilapangan dikerjakan secara asal asalan atau asal jadi.

Pasalnya berdasarkan pantauan sejumlah awak media saat dilokasi pekerjaan pada Senin 12 Agustus 2019 siang, terdapat bahan semen yang menggunakan merk Bosowa apakah sesuai dengan standarisasi yang ada. Parahnya proses pengerjaan yang dilakukannya pun juga dinilai tidak sesuai prosedur yang ada.

Melihat kondisi tersebut, salah satu warga setempat menyayangkan adanya pekerjaan dengan anggaran besar tidak memperhatikan adanya kwalitas dan kwantitas bangunan. Sehingga hal itu dapat mempengaruhi dari usia bangunan, dipastikan tidak akan bertahan lama.

“Sayang Mas…..!! Masak pekerjaan dengan nilai sekian besarnya harus seperti itu pengerjaannya. Mestinya kan juga dipikir jangka panjangnya, selain nantinya dapat memberi manfaat khususnya petani juga harus dipikirkan masa dari bangunan itu bertahan”. Ungkap Warito kepada awak radar bangsa.

Mulai dari tidak dilakukannya pengeringan terhadap genangan air pada galian pondasi, tidak adanya hamparan pasir atau campuran semen pasir pada pasangan batu pondasi serta campuran semen pasir yang terlihat tidak beraturan atau bukan pada takaran perbandingan berdasarkan aturan yang ada.

Disebutkan untuk jenis pekerjaan berupa penyediaan atau pemeliharaan saluran irigasi di jalan Bawang, Gambir Kuning, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan dengan nomor kontrak 602/648.5/242. 074/2019 yang dikerjakan oleh PT Hulu Sarana Tehnik dengan menggunakan anggaran APBD 2019 sebesar Rp 564.178. 000.

Hingga berita dimunculkan, belum ada pihak yang memberikan penjelasan kaitan dengan bahan yang digunakan maupun proses yang dikerjakan dilapangan apakah sudah sesuai spek dan prosedur atau justru malah sebaliknya. (Ank/Ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *