Hendi Resmi Dilantik Jokowi Menjadi Kepala LKPP, Hevearita Naik Jadi Walikota Semarang

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia masa jabatan 2022-2027.

Otomatis, Hendrar Prihadi resmi melepas jabatannya sebagai Wali Kota Semarang.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari muria.tribunnews.com, pelantikan pria yang karib disapa Mas Hendi itu dilakukan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (10/9/2022) pukul 09.50 WIB.

Acara pelantikan Hendi sebagai Kepala LKPP tersebut disiarkan secara langsung oleh akun YouTube Sekretariat Presiden.

Mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam dan peci, Hendrar Prihadi atau Hendi berdiri dihadapan Presiden Republik Indonesia.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun menyeruak sebelum prosesi pelantikan dilakukan.

Setelah itu, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet, Farid Utomo, membacakan Putusan Presiden Republik Indonesia tentang pelantikan Kepala LKPP masa jabatan 2022-2027.

Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet mengatakan, Keputusan Presiden Nomor 125/TPA Tahun 2022 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi utama di lingkungan LKPP.

“Presiden menetapkan Hendrar Prihadi sebagai Kepala LKPP terhitung sejak pelantikan dan kepadanya diberikan fasilitas keuangan setingkat menteri sesuai perundangan-undangan.”

“Keputusan Presiden Republik Indonesia ini ditetapkan pada 10 Oktober 2022,” jelasnya saat membacakan Putusan Presiden Republik Indonesia.

Setelah itu, Hendrar Prihadi mengikuti sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pelantikannya sebagai Kepala LKPP, Hendrar Prihadi mengikuti ucapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Republik Indonesia Tahun 1945 serta menjalankan peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain itu, Hendrar Prihadi juga mengatakan, dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjujung etika jabatan dan bekerja sebaiknya-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

“Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” katanya di akhir sumpah jawaban di depan Presiden Joko Widodo.

Usai mengikuti sumpah jabatan, Hendrar Prihadi melakukan penandatanganan sebagai Kepala LKPP bersama presiden Joko Widodo.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun kembali digaungkan usai pelantikan dan sebagai penutup prosesi pelantikan Kepala LKPP yang baru yaitu Hendrar Prihadi.

Lewat pelantikan itu, secara otomatis Hendi yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Semarang tak lagi menjadi kepala daerah.

Hal itu juga diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada pasal 76 huruf h UU tersebut memuat larangan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk melakukan rangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya.

Yang menarik, lewat media sosial resminya Hendi memberi pesan kepada masyarakat Kota Semarang dan Pemkot Semarang.

“Keluarga ranting pohon, kita tumbuh ke arah yang berbeda namun akar kita tetap menyatu,” tulisannya pada akun resminya @hendrarprohadi pada Senin (10/10/2020) sekitar pukul 08.30 WIB.

Tak hanya itu, Hendi juga menulis, sedulur sedulur semua saya titip Kota Semarang.

“Semoga segala tren positif yang telah kita upayakan bersama bisa berlanjut,” tulisnya.

Dalam postingan itu ia juga menulis kata-kata pamungkas yang sering ia lontarkan.

“Salam sedulur sak lawase,” tulisan itu sebagai penutup postingannya.

Postingan itu mendapat ratusan tanggapan dari para netizen.

Beberapa mengungkapkan terima kasihannya kepada Hendi, ada pula yang mengungkapkan Hendi adalah sosok walikota idola.

Di luar hal itu, karangan bunga berjejer di Balai Kota Semarang.

Bahkan karangan bungan sampai memenuhi setiap sisi Jalan Pamuda hingga ke Tugu Muda.

Karangan bunga itu seperti serempak memberi ucapan selamat atas jabatan baru untuk Hendi sebagai Kepala LKPP.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, partai tidak terlalu mempermasalahkan dan mengikuti apa yang diinginkan Presiden Jokowi, terkait pengangkatan Hendi sebagai Kepala LKPP.

“Kita OK nggak ada masalah, kalau memang itu yang diinginkan (Presiden) ya kita ikut.”

“Kita tunggu saja ya, karena soal itu masih 90 persen.”

“Yen wes 100 persen diteken kan berarti sudah sip, tinggal nunggu Keppres nya,” katanya disela-sela acara safari politik Puan Maharani di Kota Semarang, Minggu (18/9/2022).

Saat disinggung pertanyaan soal siapa pengganti Hendrar Prihadi sebagai Wali Kota Semarang, Bambang Pacul mengatakan bahwa hal tersebut otomatis diisi oleh Wakil Wali Kota Semarang saat ini, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

“Untuk penggantinya (Hendi) ya wakilnya naik. Untuk (pengganti) wakil wali kota nya sendiri yo nanti diproses lagi, diajukan oleh partai pengusung, itu urutane wes ono aturane,” kata Bambang Pacul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *