HNU Tandatangani Nota Kesepahaman Pelaksanaan Program CSR antara Pemkab Muara Enim dengan PT Bukit Asam Tbk

MUARA ENIM, RadarBangsa.co.id – Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar (HNU) bersama Direktur Utama (Dirut) PT.Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT.Bukit Asam Tbk.

Penandatangan MoU Dukungan PT Bukit Asam Tbk Dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Muara Enim itu berlangsung di Pondok Pesantren Nurul Madani Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung,Kabupaten Muara Enim, Kamis (09/09/2021).

Bacaan Lainnya

Dirut PTBA, Suryo Eko dalam sambutan awalnya menyampaikan, PTBA selalu berkomitmen membantu Kabupaten Muara Enim untuk menyejahterakan masyarakatnya, terutama dalam hal pembangunan. “Perlu diketahui bahwa Muara Enim bagi PT Bukit Asam Tbk atau PTBA bukan sekadar lokasi tempat kami bekerja atau tempat kami mencari nafkah.

Kabupaten Muara Enim, khususnya Tanjung Enim bagi kami adalah rumah, Rumah yang telah memberikan kami begitu banyak berkah, sehingga PTBA bisa tumbuh sebesar ini,”ungkap Suryo Eko.

Di rumah ini lanjut Suryo Eko, PTBA mewujudkan tujuan mulianya “Noble purposes”, yakni pertambangan untuk peradaban, kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik. PTBA ingin menekankan bahwa menambang, bukan berarti mengambil. Tapi saling memberi, dan saling memajukan. Muara Enim membuat PTBA tumbuh dan maju, dan PTBA dengan segala upaya berkontribusi untuk menyejahterakan dan memajukan Muara Enim.

Adapun nilai komitmen ini, mencapai total Rp 1,9 miliar dengan kurun waktu selama 12 bulan, atau satu tahun. Donasi ini berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, mulai dari alokasi pendanaan kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk masyarakat Muara Enim, sanitasi, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia,dan renovasi sarana serta prasarana publik.

Sementara itu, HNU dalam sambutannya atasnama Pemerintah kabupaten Muara Enim sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan sinegritas pemerintah kabupaten Muara Enim dengan PTBA akan berlanjut terus sampai bisa mensejahterakan masyarakat kabupaten Muara Enim.

“Saya berharap sekali lagi PTBA bisa menjadi role model bagi seluruh investasi yang ada di kabupaten Muara Enim dan memotivasi bagi seluruh pemangku kepentingan investasi yang ada sini untuk mencontoh hal seperti ini.

Kenapa? Karena siapapun yang melakukan investasi disuatu daerah harus memiliki rasa tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dimana wilayah disuatu daerah dilakukan operasional perusahaan, dan ini yang sudah dilakukan oleh PTBA selama ini,”ujar HNU dalam sambutannya.

“Hari ini kita launching untuk program CSR PKBL tahun 2021 senilai Rp 1,9 miliar yang terdiri dari 7-8 kegiatan. Yang tadinya saya memiliki usulan prioritas hanya tiga, namun tadi diberikan tambahan 4-5 item oleh PTBA. Maka oleh sebab itu saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan sinegritas pemerintah kabupaten Muara Enim dengan PTBA akan berlanjut terus sampai bisa mensejahterakan masyarakat kabupaten Muara Enim”ucapnya.

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat Muara Enim untuk mendoakan PTBA agar selalu maju dan jaya serta menjadi perusahaan energi kelas dunia yang membanggakan bagi kita anak bangsa Indonesia, itu makna hari ini,”tutup HNU, yang kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksanaan Program CSR antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT.Bukit Asam Tbk.

Usai penandatangan MOU, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dukungan PTBA dalam pembangunan daerah kabupaten Muara Enim, kemudian penyerahan secara simbolis, dari Bupati ke perwakilan Pondok Pesantren, Masjid Akbar Kecamatan dan Da’i.

Untuk pesantren yakni berupa pembangunan 1 ruang kelas untuk 28 Pondok Pesantren di kabupaten Muara Enim, bantuan berupa Renovasi Menara untuk 22 Masjid Akbar Kecamatan dikabupaten Muara Enim dan Bantuan berupa Pelatihan untuk 256 Kader Ulama dikabupaten Muara Enim, dan terakhir di tutup dengan prosesi pemecahan kendi dan peletakan batupertama pembangunan satu ruang kelas untuk Pondok Pesantren Nurul Madani Desa Pulau Panggung, yang dilakukan oleh Pj.Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar dan Dirut PTBA, Suryo Eko Hadianto, kemudian dilanjutkan Kepala Bappeda Muara Enim, Ir. Mat Kasrun bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA, Dwi Fatan Lilyana, serta Direktur Operasi Produksi PTBA, Suhedi.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H.Riwandar, Kepala OPD lingkup kabupaten Muara Enim, Trifika Kecamatan Tanjung Agung dan Lawang Kidul, serta Senior Manager (SM) CSR PTBA, Hartono.

(Usman/Khair)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *