HUT Dekranas ke-44, Sinergi Berdaya IKM dan UKM Jatim

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Penjabat (Pj.) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Isye Adhy Karyono menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional Tahun 2024 di Showroom Dekranasda Jatim, Jalan Kedungdoro Surabaya, pada Minggu (3/3).

Pada kesempatan tersebut, Isye mengatakan peran Dekranasda Jatim telah menjadi mitra pemerintah dalam membina berbagai Usaha Kecil Menengah dan melestarikan budaya daerah.

Bacaan Lainnya

“Dekranasda hadir sebagai mitra pemerintah dalam membina setiap daerah menciptakan produk-produk unggulannya, dan telah membina 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Bersama Dekranasda, produk kriya Jatim akan terus bertumbuh dan memajukan warisan bangsa,” ungkapnya.

Tak lupa, ia mengajak Dekranasda Jatim untuk terus meningkatkan komunikasi, kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah maupun elemen lainya yang ada di Jawa Timur.

“Dengan ini akan dapat tercipta kesamaan persepsi. Bersama-sama kita memajukan kerajinan sekaligus meningkatkan keberdayaan, kemandirian dan kesejahteraan para pengrajin di Jawa Timur secara lebih efisien dan lebih efektif. Dengan sinergi yang optimal kita dapat meningkatkan kualitas IKM dan UKM sehingga bisa bersaing dengan pangsa pasar dalam dan luar negeri,” katanya.

“Ada harapan besar bahwa dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produknya, UKM kerajinan asal Jatim akan semakin bersaing di pasar nasional dan internasional,” tambahnya.

Tak berhenti di situ, melalui sinergi dengan berbagai elemen serta kerjasama antara seluruh OPD di Jatim dan pengurus Dekranasda di Kabupaten/kota lainnya, maka kesejahteraan para pengrajin akan terjaga. Begitu pula dengan terciptanya regenerasi pengrajin dari berbagai daerah.

Ia juga menyampaikan pesan semangat kepada para pengurus terkait rangkaian HUT Dekranas yang akan diselenggarakan Mei 2024 nanti di Surakarta

“Saya mengimbau kepada seluruh OPD terkait juga pengurus, mari kita bersama-sama mengembangkan sumberdaya pengrajin melalui regenerasi perajin sekaligus meningkatkan daya pengrajin produk kerajinan agar dapat mendorong semangat kewirausahaan dalam mendukung ekspor kerajinan yang semakin meningkat,” ujarnya.

“Bulan Mei yang akan datang Dekranas akan menyelenggarakan kegiatan akbar rangkaian HUT Dekranas di Surakarta. Untuk itu, saya berharap seluruh OPD terkait dapat ikut berpartisipasi serta mendukung kegiatan tersebut,” pesannya.

Usai mengakhiri prosesi peringatan HUT dengan potong tumpeng, Pj. Ketua Dekranasda Isye menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pengurus yang hadir pada syukuran peringatan HUT Dekranas ke-44.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus yang hadir pada acara syukuran HUT ke- 44 Dekranas tahun 2024 dengan harapan seiring bertambahnya usia dekranas yang telah mencapai 44 tahun, pelaku produk kriya dan wastra Jawa Timur binaan Dekranasda Jatim akan terus bertumbuh dan bersama-sama memajukan dan melestarikan warisan bangsa,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *