Hut Ke 18 Tahun BPOM Kota Dumai Bersama Berbakti Untuk Negeri Bangun Indonesia Kuat Dan Madani

0
98

Dumai, Radarbangsa.co.id – Dalam rangka Hut ke 18 tahun BPOM kota Dumai,adakan lomba mewarnai tingkat sekolah taman kanak kanak sekota Dumai ,senam pagi bersama,cek laboratorium makanan,bazar produk ilegal tanpa daftar BPOM serta penjelasan atau edukasi cara mencermati produk layak konsumsi dan lain sebagainya.

Badan pengawas obat obatan dan makanan kota Dumai kerap kali merazia ketiap toko toko maupun warung pedagang untuk mengecek kadaluarasa .izin edar pada makanan dan obat obatan.
Di Hut ke 18 tahun BPOM RI kota Dumai juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama para ibu rumah tangga agar lebih cerdas,bijak untuk tampil cantik dalam memilih produck kosmetik yang di pakai dan seksama memilih bahan atau komposisi makanan yang akan kita konsumsi.

Bahan yang ada di dalam kosmetik bila tidak kita cermati kadar kandungan kimianya akan membahayakan pada kulit bahkan menjurus ke penyakit kanker yang bisa menyebabkan kematian.
Pemakaian kosmetik atau obat obatan serta makanan yang tidak terdaftar di BPOM akan membawa dampak pada kesehatan.
Kandungan berbahaya yang ada di kosmetik yang saat ini beredar di pasaran banyak mengandung zat kimia seperti hidrokinon,mercuri( pemutih),rodamin B (zat pewarna makanan)maka dari itu janganlah kita mudah tertarik dengan produk kosmetik atau makanan yang kerap kali kita lihat di iklan.cermatilah iklan atau promo dengan cerdas,bijak dan juga waspada ujar kepala kantor BPOM kota Dumai Emi Amalia

Untuk mencermati layak tidaknya atau terdaftarkah produk yang akan kita beli ini kita bisa mengeceknya dari “ceklik” istilah pintar dalam mengetahui produk yang akan kita konsumsi.
1. kemasan (kemasan masih bagus atau utuh tanpa ada segel yang rusak )
2. Label (lihat label pada kemasan masih dalam kondisi jelas)
3. Izin(lihat di kemasan ada tidak izin edarnya)
4. Kedaluarsa (lihat pada kemasan kapan tanggal atau masa berlakunya produk tersebut habis)
Dari petunjuk tersebut diatas maka kita bisa mengetahui atau menghindari akan bahaya dari produk yang tidak layak untuk di konsumsi.kita bisa sehat bisa cantik apabila kita sendiri bisa atau mampu untuk lebih cerdas dalam memilih produk yang kita gunakan.

Bila kita tidak cermat dan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan atau produk kosmetik bisa mengakibatkan iritasi,gagal ginjal,kanker yang bisa menjurus kepada kematian.
Memang efeknya tidak langsung kelihatan,namun beberapa tahun kedepannya baru kita rasakan akibatnya.


Untuk langsung dapat mengetahui apakah produk yang kita beli dan pakai sudah terdaftar di BPOM cukup cek di kemasan produk dengan cara kode notifikasi BPOM NA tertera 11 digit angka kemudian cek klik di instagram maka akan muncul keterangan produk sudah terdaftar atau belum ujar Emi Amalia menjelaskan.

Sesuai tema hut BPOM RI ke 18 tahun”Bakti untuk negeri bangun indonesia kuat dan mandiri”

Laporan : Diana/putra

LEAVE A REPLY