Intensifikasi Penyuluhan Agama Islam di Desa-desa Kembangbahu Lamongan

Agama

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka memperkuat pembangunan pemahaman keagamaan masyarakat, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kembangbahu telah melaksanakan pembinaan dan penyuluhan keagamaan di berbagai desa.

Koordinator Penyuluh Agama Islam Kembangbahu, Anwar, bersama Drs. H. Kono M.Ag, Kepala KUA Kembangbahu, serta Pengurus Ikatan Penyuluh Republik Indonesia (Ipari) Drs. Abdul Jamil .M.Ag, menyampaikan hal ini dalam kegiatan “Penyuluh Agama Islam Bergerak” di Desa Katemas Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan, pada Kamis (29/2) malam.

Bacaan Lainnya

“Penyuluh diharapkan senantiasa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui kegiatan penyuluhan keagamaan serta promosi moderasi beragama sebagai langkah pencegahan perilaku radikal,” ujar Koordinator Penyuluh, Anwar, dalam sambutannya.

Menurut Anwar, Penyuluh Agama Islam memiliki peran penting sebagai penggerak pembangunan di bidang keagamaan. Mereka diharapkan dapat berperan secara aktif sesuai dengan tugas pokok mereka.

“Penyuluh adalah pilar penting yang diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas hidup serta berperan sebagai pendidik keagamaan,” ungkapnya.

Anwar menjelaskan bahwa penyuluh juga diharapkan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, termasuk dalam hal pencegahan perilaku radikal.

“Inovasi dan kreativitas setiap penyuluh sangatlah penting. Mereka diyakini mampu memberikan jawaban atas masalah yang terjadi saat ini,” tambah Anwar.

Anwar menegaskan bahwa kegiatan penyuluhan keagamaan akan terus dilakukan di seluruh desa di Kecamatan Kembangbahu sesuai jadwal hingga bulan Juni 2024 mendatang.

“Dengan rasa syukur, beberapa desa telah kami kunjungi. Kami akan terus menyasar desa-desa dan dusun-dusun lainnya. Pada bulan puasa mendatang, kami akan mengadakan safari Ramadan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala KUA Kembangbahu, Drs. H. Kono. M.Ag, menyatakan kebanggaannya terhadap intensitas kegiatan yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam Kembangbahu dengan langsung turun ke desa-desa.

“Saya memberikan apresiasi kepada para penyuluh yang telah meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan penyuluhan secara massif di desa-desa. Upaya ini penting untuk menangkal dan mencegah timbulnya masalah yang meresahkan masyarakat,” ucap Kono.

Dia menekankan pentingnya memaksimalkan kegiatan penyuluhan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing penyuluh agama di wilayahnya.

Sementara itu, pengurus Ikatan Penyuluh Republik Indonesia (Ipari) Drs. Abdul Jamil .M.Ag, menyampaikan rasa terima kasih kepada Penyuluh Agama Islam Kembangbahu atas dedikasi dan pembinaan yang diberikan kepada masyarakat.

“Terima kasih yang tak terhingga atas dedikasi ini. Kegiatan penyuluh bergerak ini diharapkan akan membawa manfaat dan kerja sama yang baik bagi masyarakat Lamongan ke depannya,” katanya.

Dia menambahkan bahwa keberadaan penyuluh saat ini sangatlah penting karena mereka membantu memberikan bimbingan, pengajaran, dan pemahaman terkait ajaran Islam kepada masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *