Jarang Dilirik,  Mari Lihat Kembali Museum WR Supratman yang Tersembunyi

Museum Wr Supratman (IST)

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – WR atau Wage Rudolf Soepratman merupakan salah satu tokoh penting, yang menciptakan lagu Indonesia Raya.Ternyata, WR Supratman meninggali tempat tinggal yang berada di Surabaya hingga akhir hayatnya.

Selaku pengurus rumah WR Supratman, Arif mengatakan, bahwa rumah WR Supratman sempat terbengkalai sampai tahun 2018. Lalu, bu Risma selaku walikota Surabaya mengusulkan untuk menjadikan rumah peninggalan WR Supratman sebagai museum atau monumen agar para generasi muda mengingat dan mengetahui sejarah dari pencipta lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya. Diresmikanlah museum ini oleh Bu Tri Rismaharini selaku walikota surabaya pada 10 November 2018 bertepatan pada Peringatan Hari Pahlawan, Minggu (30/10).

Bacaan Lainnya

“Dahulu ternyata WR Supratman merupakan orang yang sangat miskin, dan rumah ini sebenarnya milik orang Belanda yang dibeli oleh kakak ipar WR Supratman.” Ujar Arif.

Dahulu rupanya WR Supratman pernah di penjara karena menciptakan lagu yang berjudul “Matahari Terbit” dan dipenjara Kalisosok, Surabaya.

“Di penjaranya beliau disiksa dan dipukuli selama di penjara. Melihat kondisinya yang parah pihak Belanda akhirnya memulangkan beliau ke keluarganya,” tambah Aris.

Lebih Arif mengatakan, tujuan ibu Risma merekomendasikan dan meresmikan museum WR Supratman ini agar rumah terakhir beliau tetap terjaga, dan pra anak muda mengetahui sejarah biografi beliau,

“Karena beliau memiliki jasa yang sangat besar terhadap Indonesia,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *