Jembatan 1 Dompak Tanjung Pinang di Poles Dengan Kultur Adat Melayu

  • Whatsapp

TANJUNGPINANG, RadarBangsa.co.id – Tamipilan Jembatan Sultan Mahmud Riayat Syah atau yang lebih dikenal dengan Jembatan I Dompak Tanjungpinang sedang dipoles. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui anggaran APBD 2021 ini mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,4 M

Handoko ST. MM merupakan PPTK jembatan 1 dompak Dinas PUPR Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, untuk pemilihan ornamen tersebut tentunya sudah dibicarakan melalui pertemuan dengan Lembaga Adat Melayu Kepri.

Bacaan Lainnya

Ia juga menjelaskan memang awalnya ada dua contoh motif yang dibuat, pertama kami membuat motif bunganya ke atas namanya pucuk rebung terus di protes oleh dinas kebudayaan provinsi kepri, akhirnya kami berkoordinasi dengan LAM dan mendapat rekomendasi menjadi motif ornamen namanya lebah bergayut bunganya kebawah, ujarnya kepada awak media ini 1/11/21.

Pekerjaan memoles jembatan itu sekarang sudah mulai dikerjakan dalam beberapa bulan ini dan insyaalah selesai di akhir tahun 2021, ungkap Handoko.
Lanjutnya, walaupun belakangan ini sempat ramai terkait motif ornamen yang dikerjakan dipagar pembatas jembatan tersebut oleh aliansi penggiat adat melayu provinsi kepri namun semuanya bisa diselesaikan berkat adanya pertemuan antara penggiat adat melayu, dinas kebudayaan kepri dan LAM kepri dikantor Lembaga Adat Melayu Kepri dompak dan Alhamdulillah semuanya sudah clear, pungkasnya

Handoko menambahkan, berikutnya untuk melanjutkan bentang atas jembatan insyallah di anggarkan tahun 2022 dengan menggunakan anggaran APBD kepri, rencananya untuk bentang atas akan dilakukan rehab dan penambahhan lampu untuk memperindah jembatan.

Dengan adanya pemeliharaan dan perbaikan yang dilakukan terkait pengecatan sisi kanan dan sisi kiri pembatas pagar jembatan yang diberi warna kuning serta dikombinasikan dengan ornamen motif warna hijau dan perbaikan lampu lampu yang telah rusak serta pengecatan ulang tiang listrik disepanjang jalan jembatan 1 dompak tersebut, menambah nuansa melayu semakin kental dan aura tampilan wajah jembatan menjadi megah dan menarik, tuturnya.

Menurut seorang warga tanjung pinang ketika ditemui media ini mengatakan, kami sangat bersyukur, senang dan bangga karna jembatan 1 dompak yang menjadi penghubung ini semakin keren, semoga menjadi salah satu ikon wisata di kota tanjung pinang, harapnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *