KOTA MADIUN, RadarBangsa.co.id – Keberlangsungan UMKM diuji dengan pesatnya perkembangan media sosialyang menjadi jembatan utama pemasaran di era post-recovery. Penting bagi UMKM untuk mampu mengimplementasikan tren yang sedang berlangsung ke dalam strategi pemasarannya untuk meningkatkan hasil penjualan.
Kondisi ini mendorong para pemangku kepentingan termasuk JNE untuk mengadakan webinar edukasi bertajuk JNE Ngajak Online 2022 Kota Madiun. Perhelatan virtual yang mengumpulkan lebih dari 150 UMKM setempat pada 28 Juni 2022.
Melalui acara ini, JNE berupaya untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UMKM dengan tajuk “Optimalisasi Pengembangan Bisnis UMKM di Era Digital”.
Endik selaku Branch Manager JNE Madiun membuka gelaran ini “JNE optimis dengan kondisi saat ini, dengan adanya peluang adaptasi dan inovasi, JNE mendukung UMKM sehingga tidak hanya survive, namun juga berkembang bersama”, buka Endik pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Selasa (28/6).
Dari pelaku UMKM, turut hadir Aan Diki Pratama selaku Owner Arrion.id dan Hendro Suwignyo selaku Owner Suwindya Project. Kreativitas Hendro dalam menghasilkan produk-produk baru yang tak terpikirkan oleh kompetitornya terbukti telah membuat usahanya bertahan di masa krisis.
“Pandemi bukan jadi suatu penghalang apabila kita bisa berfikir kreatif. Pengusaha harus pintar membaca situasi terutama dalam produk kriya.”, ujar Hendro.
Hendro menilai pegiat UMKM harus terus berinovasi, seperti pihaknya yang berbekal kreativitas, mampu memasarkan masker kulit dan mendapatkan atensi dari konsumen mancanegara. Untuk mengekspansi pasar, Hendro menyatakan “Harus membuat konten terus menerus didukung dengan konten yang menarik dan bisa dinikmati, karena persaingan di online sangat besar dan luas”., ujar Hendro.
Hadir pula Aan Diki Pratama selaku Owner Arrion.id. Bergerak di sektor otomotif, Aan kemudian membeberkan beberapa tips bagi UMKM dalam bermedia sosial. “Saran untuk UMKM lain yang sedang berjuang di masa post pandemi adalah membuat konten online yang kreatif hingga viral”,
ujarnya.
Sementara itu, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Aan menambahkan “Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, brand bisa melakukan promosi produk dengan iklan video yang ditayangkan pada website, dilengkapi dengan keterangan keunggulan produk”, ujarnya.
Aan dan Hendro juga menekuni berdagang melalui marketplace agar mampu dijangkau oleh pasar yang lebih luas.
Bicara soal keberlangsungan UMKM, program menarik dihadirkan oleh JNE “JNE siap berkolaborasi dengan berbagai pihak sesuai dengan kapasitas JNE di bidang pengiriman untuk memberikan solusi terkait dengan kebutuhan dari teman-teman UMKM”, ujar Endik selaku Branch Manager JNE Madiun
Endik menyampaikan berbagai program bisa diikuti oleh UMKM, diantaranya JNE Goll.Aborasi Ngajak Online, sponsorship pembuatan konten di media sosial, adanya fasilitas digital payment yang bekerja sama dengan platform pembayaran dan lainnya yang mempermudah transaksi.
Selain itu, UMKM juga bisa mendapatkan manfaat cashback, layanan gratis jemput paket 24 jam, serta undian-undian dari JNE Loyalty Card dengan sederet hadiah seperti logam mulia, elektronik gadget, umroh, hingga trip menggunakan helikopter.
Menutup gelaran ini, Endik menyampaikan “JNE akan terus berkembang dalam menghadirkan program-program untuk kebutuhan dan solusi bagi UMKM”, tutupnya.
Madiun merupakan kota ke-22 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Madiun, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Palembang pada 28 Juni 2022.