Journalist Goes to School KJL, MA Sunan Drajad Lamongan Wujudkan Kecerdasan Multi Dimensi Berkarakter

  • Whatsapp
Kegiatan Jurnalistik Goes to School di Madrasah Aliyah Sunan Drajat bersama Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) [IST]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Siswa – siswi Madrasah Aliyah (MA) Sunan Drajad Sugio Lamongan antusias mengikuti kegiatan Journalist Goes to School yang dilaksanakan pada Rabu (31/03/2021) oleh Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Kegiatan sharing jurnalistik Goes to School pertama kali diselenggarakan di MA Sunan Drajad ini adalah juga sebagai wujud memberikan dukungan kepedulian terhadap pengembangan literasi di Kabupaten Lamongan yang dicanangkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada Sabtu 27 maret 2021 dengan mengusung tema sinergi pegiat literasi untuk kejayaan Lamongan baru – baru ini.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga kegiatan ini bertujuan meningkatkan budaya literasi kepada para siswa – siswi serta menumbuhkembangkan generasi penerus wartawan baru di Lamongan sekaligus merupakan konsep untuk mewujudkan kecerdasan multi dimensi yang berkarakter di era millenial ini.

Antusiasme siswa dapat dilihat dari keaktifan mereka mencatat paparan dan tayangan materi dari para narasumber. Dengan tekun para peserta mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menarik.

Ketika ada kesempatan bertanya, mereka pun bertanya tentang seluk-beluk jurnalistik yang ingin mereka ketahui,” ujar Achmad Bisri jurnalis di Jatimpos.co yang terkenal kreatif dalam paparannya tersebut.

Achmad Bisri menambahkan kegiatan berupa Safari Jurnalistik Goes to School Sharing Jurnalistik 2021 ini tidak hanya diadakan di MA Sunan Drajad saja, namun nantinya juga akan diadakan ke sekolah – sekolah di wilayah Kabupaten Lamongan dan sekitarnya termasuk di pondok pesantren dan kampus.

“Sasaran ke kalangan milenial karena mereka merupakan ujung tombak (stakeholder) literasi dan penguatan karakter siswa – siswi dalam bersosial media yang arif dan bijaksana.

David dari Jurnalis Kabar1news.com mengungkapkan, “Materi yang diberikan pada Sharing Jurnalistik Goes to School di MA Sunan Drajad Kecamatan Sugio ini seputar teknik dasar jurnalistik, teknik wawancara dan juga teknik mengambil gambar atau foto yang baik dibuat berita.

” Disamping itu juga tak kalah pentingnya memperhatikan unsur penting dalam membuat berita yakni 5W+1H, dan memahami teknik wawancara yang baik.

Wartawan atau jurnalis juga wajib memahami teknik mengambil gambar atau foto yang baik untuk menunjang isi pemberitaan,” ujarnya saat memberikan materi seputar teknik mengambil gambar atau foto.

Pada kesempatan yang sama Kepala MA Sunan Drajad Sugio Suprayitno, Mpd sangat mengapresiasi program Komunitas Jurnalis Lamongan yang peduli terhadap literasi dan pendidikan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman Komunitas Jurnalis Lamongan yang sudah memberikan materi seputar jurnalistik bagi para siswa, sekaligus menjadi tempat acara sharing jurnalistik Goes to school.

Ditambahkan, “Kami berharap kepada para peserta yang mengikuti kegiatan Sharing Jurnalistik Goes to School di MA Sunan Drajad stelah kegiatan ini cukup sampai disini, setelah kegiatan selesai tutup buku.

Namun nantinya bisa diterapkan kelak ketika terjun dimasyarakat nanti dengan membawah serta nama harum almamater MA Sunan Drajad Sugio. Karena Wartawan (Jurnalis) adalah profesi terpuji yang bagian dari pilar negara dan bangsa. Semoga Allah meridhoi jejak langkah kamu semuanya,” pungkas Suprayitno.

(Iful/Edi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *