JPPR Blitar Sebut Pendidikan Pemilu Kunci Sukses Pesta Demokrasi 2024

BLITAR, RadarBangsa.co.id – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Blitar menilai KPU perlu kerja keras dalam menjalani tahapan Pemilu serentak dan Pilkada tahun 2024.

Koordinator JPPR Blitar Nanang Habibi menilai, pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 yang hanya berselang beberapa bulan perlu kerja keras bagi penyelenggara untuk mensukseskan pesta demokrasi tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Saya menilai KPU maupun Bawaslu harus kerja keras untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024,” katanya.

Selain itu, ia juga menilai dalam waktu yang terpaut sekitar 9 bulan itu, perlu dilakukan sosialisasi yang masif. Karena, sosialisasi juga penting dilakukan agar lebih elegan dan profesional untuk meminimalisir pelanggaran Pemilu.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Balitar Blitar itu juga menyebutkan penyelenggara pemilu di tiap-tiap daerah dituntut kreatif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Penyelenggara pemilu tentu dituntut untuk makin kreatif agar bisa beradaptasi dengan situasi dan menghasilkan konten-konten digital yang apik dan menarik. Tidak hanya lewat media-media massa konvensional, seperti TV, radio, dan surat kabar, tetapi juga di media-media sosial,” katanya.

Ditegaskan pula bahwa pendidikan Pemilu ataupun sosialisasi ini harus dilakukan secara intensif dan diusahakan dapat menjangkau segenap lapisan masyarakat.

“Misalnya, bagi yang tidak terjangkau dengan medsos karena kendala akses internet, harus terjangkau dengan TV dan radio. Artinya, harus saling melengkapi memanfaatkan segala teknologi yang ada,” katanya. (****)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *