Kecamatan Cidaun Cianjur Selenggarakan Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Photo sedang diselenggarakannya Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di pelataran kantor camat Cidaun, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat penuh khidmat. (Photo Dok. AE Nasution/RadarBangsa.co.id)

CIANJUR, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat bersama jajaran dan Forkopimca serta berbagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) tingkat kecamatan Cidaun selenggarakan upacara memperingati hari kesaktian pancasila dengan khidmat dan kondusif.

Tampak hadir, Jajaran kecamatan Cidaun, Forkopimca (Polsek Cidaun dan Koramil Cidaun), Kepala UPT P5A Cidaun, Kepala Puskesmas Cidaun diwakili Kepala TU, UPTD BPP Cidaun, Kepala Balai PII Cidaun, PU/Dinas Bina Marga Cidaun, Balai Perikanan dan Kesehatan Hewan Cidaun, Kantor Urusan Agama (KUA) Cidaun, Koordinator Pendidikan (Kordik) Cidaun, Penilik dan Dikmas Cidaun, Koordinator Penyuluh Kehutanan dan Perkebunan Cidaun, MUI kecamatan Cidaun, UPZ Kecamatan Cidaun, sejumlah kepala desa sekecamatan Cidaun, RETANA, ormas (PP, Karang Taruna, KNPI, SC234), sejumlah wartawan dari berbagai media baik elektronik, online, maupun cetak di pelataran kantor camat Cidaun, Sabtu (01/10/2022).

Bacaan Lainnya

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini, bertindak sebagai pembina upacara Kasi Pemerintahan dan Pembangunan Masyarakat (PPM) Kecamatan Cidaun D. Hadiat. SH, dan pimpinan upacara dari Polsek Cidaun Agus. SS serta di ikuti oleh peserta upacara dari berbagai instansi tingkat kecamatan Cidaun.

Pembina upacara D Hadiat. SH membacakan serta menyampaikan amanat upacara; “setelah dua setengah tahun bersama menghadapi segala tantangan, hari ini kita memperingati hari kesaktian pancasila di tengah upaya menggalang kekuatan untuk bangkit dan pulih.

“Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Sejak kelahirannya sampai hari ini pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita,” terangnya.

Selain itu, pancasila sebagai pengingat kita bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasarkan pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita kedepan,” ucapnya.

Situasi pada saat pandemi yang lalu, telah menunjukkan dengan lebih jelas sejumlah tantangan yang harus kita tangani untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

Lanjut kata Hadiat, Salah satu dari tantangan tersebut adalah ketimpangan geografis dan sosiologis yang menyebabkan tidak semua anak indonesia mendapatkan akses terhadap pendidikan selama pandemi.

“Peringatan hari kesaktian pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan, untuk menjadikan indonesia sebagai bangsa yang tangguh dimasa kini dan akan datang,” tambahnya

Selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada nilai hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. Hal tersebut kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dengan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menyadari hal tersebut, inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam. Dalam hal ini, pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara.

“Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya. Inilah titik berangkat kita,” urainya.

Selanjutnya, kemerdekaan dalam belajar, berkarya, berbudaya, akan melahirkan generasi pelajar pancasila, yaitu sosok belajar sepanjang hayat, yang beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia, berkebinnekaan global, mampu bergotongroyong, mandiri bernalar kritis, dan kreatif.

Selanjutnya D Hadiat juga menyampaikan, para pelajar pancasila itulah yang akan meneruskan estapet pembangunan indonesia berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan.

Kepada semua masyarakat kecamatan Cidaun D Hadiat. SH selaku pembina upacara dalam memperingati hari kesaktian pancasila tahun 2022 mengucapkan “selamat memperingati hari kesaktian pancasila”. Sekaligus beliau menyampaikan, “dengan nilai-nilai pancasila yang menyertai langkah kita mari membangun, yang lebih tangguh, lebih inklusif, dan lebih mencerdaskan dengan merdeka belajar.

Amanat upacara memperingati hari kesaktian pancasila tahun 2022 selesai dibacakan oleh pembina upacara D Hadiat. SH sekaligus pelaksanaan upacara selesai diselenggarakan, yang di akhiri pembacaan do’a oleh Kasi Pelayanan Umum kantor camat Cidaun Deden Mulyana. SE.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *