Kelurahan Muktiharjo Kidul Gelar Pelatihan Pemadam Kebakaran Untuk TP PKK

Kelurahan Muktiharjo Kidul
Anggota Damar saat glar Pelatihan Pemadam Kebakaran Untuk TP PKK Kelurahan Muktiharjo Kidul (IST)

SEMARANG, Radarbangsa.co.id – Kelurahan Muktiharjo Kidul bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Diponegoro dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Semarang menggelar pelatihan pemadaman kebakaran di halaman balai kelurahan Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang, Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan pelatihan tersebut diberikan kepada 25 TP PKK sekelurahan Muktiharjo Kidul bersama kader tiap 25 RW. Diselenggarakan acara tersebut untuk meningkatkan skill (keterampilan) ibu-ibu PKK RW dan kadernya memadamkan api jika terjadi kebakaran. Selain kader PKK, pelatihan juga diikuti oleh mahasiswa UKM Peduli Sosial dari Universitas Diponegoro.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kelurahan Muktiharjo Kidul Sofia Ernawati SE MM dan sebelum pelatihan di lapangan diberikan materi tentang cara penanggulangan kebakaran oleh petugas Damkar Kota Semarang Siswanto dan Dimas.

Pada kesempatan itu, Sofia Ernawati menjelaskan, dalam pelatihan pemadaman kebakaran bertujuan memberikan edukasi kepada kader PKK bagaimana cara menanggulangi jika terjadi kebakaran kecil dan juga diajarkan teknik-teknik memadamkan api saat terjadi kebakaran.

“Dengana adanya edukasi pelatihan pemadaman kebakaran dari Dinas Pemadaman Kota Semarang ini, kader PKK sudah mengerti teknik atau cara menghadapi dan memadamkan kebakaran. Dan dapat menularkan pengetahuan nya kepada kader-kader lain diwilayahnya,” ujar Sofia.

Sebelum praktik di lapangan, Siswanto anggota dinas pemadam kebakaran Kota Semarang memberikan materi tentang kebakaran yang sering dihadapi di tempat tinggal.

“Jika terjadi Kebakaran pada tabung gas ataupun api diatas kompor tidak usah panik. Sediakan karung basah dan tutup dengan karung basah. Gunakan teknik memegang karung dengan benar untuk melindungi diri dari api. Kami berharap, semua peserta yang ikut pelatihan ini tolong ikuti secara serius. Karena ini sangat bermanfaat.,” kata Siswanto.

Maka dari itu, Siswanto meminta agar para peserta bisa memanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik mungkin. Karena ilmu ini ini sangat penting bagaimana menghadapi dan menyelesaikan masalah jika terjadi kebakaran di wilayahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *