Kemenag Putuskan, Kembali Batalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun Ini

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lamongan, Banjir Sidomulyo [Ful/RadarBangsa.co.id]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Pemberangkatan jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji 1442 H pada tahun ini. Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan untuk kembali membatalkannya.

Kebijakan ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis 3 Juni 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

” Pembatalan keberangkatan haji tahun ini sebagaimana diatur dalam KMA (Keputusan Menteri Agama) No. 660/2021.

” Mayoritas dari Calon Jemaah Haji (CJH) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan Travel harus menerima dengan besar hati.

Karena yang menjadi alasan utama adalah menjaga keselamatan jiwa (Hifdzun Nafs) bagi para jama’ah dan juga masyarakat lainnya,” ungkap Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Lamongan Banjir Sidomulyo. Senin (07/06/2021).

” Sebagian KBIHU di Lamongan menyampaikan pada kami, bahwa sejak awal dalam bulan ramadan ketika ada pertemuan bimbingan para jama’ah sudah diberi pencerahan.

Ibadah haji itu adalah panggilan Allah SWT, kata Banjir, kalau Allah belum memanggil kita, yaa mohon untuk menerima dan juga bersabar.

” Dimohon hendaknya keputusan ini diterima dengan sabar dan lapang dada. Biaya ibadah haji yang sudah dibayarkan oleh jemaah dijamin aman,” tandasnya.

Kepada para CJH dan KBIHU dia berharap, supaya tidak mudah percaya dengan berita hoax seperti, dibatalkan keberangkatan haji dua tahun ini, karena pemerintah punya tunggakan atau hutang biaya akomodasi kepada Arab Saudi.

” Untuk jumlah CJH yang telah melakukan pelunasan pada tahun 2020 ada sebanyak 1.646 CJH, dan ada 3 CJH yang menarik dana pelunasan BIPIH, jadi tinggal 1.643 CJH.

Akan tetapi, kata dia, dari 1.643 CJH itu ada 32 orang yang meninggal dunia, dan nomor porsinya sudah dilimpahkan ke ahli waris, sudah proses Biometrik. Jumlah tetap 1.643 CJH,” pungkasnya.

(ful/har/fir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *