Kementrian Kominfo Buka Pendaftaran Pemkab Bondowoso Ajak Warga Ikut Digital Talent Scholarship

BONDOWOSO, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan digital di era 4.0, Penelitian dan Pengembangan (Litbang) SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka pendaftaran program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021. Program ini bisa diikuti oleh semua warga di daerah, termasuk Bondowoso, Program stimulan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi talenta digital dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya, melakukan audiensi dan sinergitas terkait program tersebut dengan Pemkab Bondowoso. Tamu BPSDMP diterima oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Asisten I Pemkab Bondowoso Wawan Setiawan, Plt Kepala Dinas Kominfo Dwi Wahyudi dan sejumlah pejabat lainnya, di Pendopo Bupati, Jumat (11/06/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya,  Eka Handayani mendorong agar warga di Bondowoso mengambil skema pelatihan melalui beasiswa tersebut.  Saat ini sudah dibuka pendaftaran Program Vocational School Graduate Academy (VSGA), dan Program Fresh Graduate Academy (FGA). “Untuk VSGA dibuka mulai 1 sampai 30 Juni. VSGA untuk alumni SMK, SMA kemudian MA yang saat ini belum bekerja atau korban PHK. Usia maksimal 29 tahun, “ujarnya.

Eka juga mengatakan, Pelatihan tersebut dilakukan secara online dan 100 persen gratis. Bagi masyarakat Bondowoso bisa mengikuti di 6 perguruan tinggi untuk VSGA. Yakni di Pens Surabaya, Polinema Malang, Polije Jember, PNM Madiun, Poliwangi Banyuwangi dan Vokasi ITS. Sementara untuk FGA untuk alumni D3, D4 atau S1 semua jurusan. Pendaftaran dimulai hari ini, Jumat 11-30 Juni 2021.
“Untuk program ini diselenggarakan di sekitar 10 perguruan tinggi di Jawa Timur, nanti di link pendaftaran bisa memilih, “paparnya.

Sementara itu, Kalau warga Bondowoso banyak mendaftar dan sesuai persyaratan tapi belum tercover tahun ini. Maka akan diusulkan tahun depan dan langsung diselenggarakan di perguruan tinggi.

Untuk Bondowoso, juga ada pelatihan untuk ASN. Baik itu yang PNS maupun yang non PNS. “Segera diusulkan dari Bondowoso, kami akan datang ke sini, “ucapnya.

Sementara itu, Bupati KH Salwa Arifin melalui Asisten I Pemkab Bondowoso, Wawan Setiawan menyambut baik program DTS tersebut. “Tadi pak Bupati juga sudah memberikan arahan dan perintah kepada kami, untuk menyiapkan semua itu. Juga dilakukan kordinasi dengan pihak terkait supaya disiapkan data-datanya, “paparnya.

Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang luar biasa Kementerian Kominfo melalui UPT Kominfo di Surabaya. Sebab ini bisa diikuti perguruan tinggi negeri atau swasta di Bondowoso. “Pertama mereka mendapatkan pelatihan dulu, di tahap akhir mereka yang memenuhi syarat di-link-kan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, “ujarnya.

Wawan juga menegaskan, bahwa tak ada batasan pendaftar untuk program DTS ini. “Silahkan sebanyak-banyaknya. Sehingga yang tak tercover tahun ini, nanti diselenggarakan tahun depan secara khusus, “terangnya.

Beasiswa ini untuk mempercepat kompetensi SDM khususnya di era digital ini. “Memang perlu program yang menyentuh langsung kepada masyarakat, “imbuhnya.

Malalui program Digital Talent Scholarship (DTS) ini, Kementerian Kominfo membuka peluang bagi 100 ribu warga negara untuk mempelajari dan meningkatkan kompetensi data analysis, artificial intelligence (AI), cloud computing dan cybersecurity, serta kompetensi lain di bidang digital. Progam ini juga bisa diakses masyarakat umum. Oleh karena itu, Pemkab Bondowoso mengajak masyarakat memanfaatkan peluang tersebut.

(yus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *