INDRAMAYU, RadarBangsa.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti, bersama jajaran, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Indramayu pada Kamis (1/2/2024).
Dalam kunjungannya, Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat mengunjungi beberapa lokasi, termasuk SMAN 1 Lohbener, Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu, dan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk meninjau penyelenggaraan layanan administrasi kependudukan (adminduk) baik pada layanan keliling, maupun layanan di Kantor Disdukcapil dan MPP Kabupaten Indramayu.
Bersama Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M, beserta jajaran, dilaksanakan penyerahan simbolis KTPel pemula dan dokumen adminduk lainnya kepada pelajar dan masyarakat oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat.
Dalam arahannya, Berli Hamdani Gelung Sakti memberikan apresiasi luar biasa terhadap layanan kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu. Ia menyebut bahwa layanan dukcapil keliling yang rutin mengunjungi desa, kecamatan, sekolah-sekolah, dan kegiatan masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan kependudukan kepada masyarakat.
“Indramayu ini luar biasa, dengan hadirnya layanan keliling secara terus-menerus dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Semoga layanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga semakin banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu. Apalagi sekarang alhamdulillah adanya MPP, semoga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan,” ujarnya.
Berli menekankan bahwa kemudahan akses dan kualitas layanan adalah kebutuhan utama masyarakat dalam menjangkau layanan publik. Ia menyarankan agar akses jaringan dan kualitas layanan terus ditingkatkan, terutama karena layanan dukcapil sangat bergantung pada teknologi informasi.
“Walaupun sistem informasi kependudukan masih terpusat di Kemendagri, bukan berarti menjadi sulit. Bila didukung jaringan yang kuat pada masing-masing kabupaten/kota, layanan terpusat tersebut dapat dijangkau secara maksimal dan mendapat kualitas data kependudukan lebih baik,” paparnya.
Berli juga menjelaskan bahwa dukcapil menghasilkan dua output, yaitu data dan dokumen. Oleh karena itu, selain dukungan jaringan dan teknologi yang mumpuni, validitas dan konsistensi informasi yang diinput pada sistem oleh operator harus tepat guna untuk menghindari permasalahan terkait kependudukan.
Sementara itu, Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan arahan Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, ini menjadi motivasi bagi dirinya dan jajaran untuk terus memberikan layanan adminduk secara maksimal kepada masyarakat.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat yang telah berkenan hadir memonitor layanan adminduk dan memberikan arahan. Ini merupakan tambahan motivasi bagi kami. Apalagi Ibu Bupati Indramayu selama ini terus memberikan dukungan terhadap pelayanan kepada masyarakat, terutama layanan adminduk ini,” tutupnya.