Keroyok Vaksin Polres Banjarnegara Sasar 13 Desa dan Kelurahan

Polres Banjarnegara menggelar program keroyok vaksin di Wilayah Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara, Rabu (20/4/2022).

BANJARNEGARA, RadarBangsa.co.id – Polres Banjarnegara menggelar program keroyok vaksin di Wilayah Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara, Rabu (20/4/2022).

Apel keroyok vaksin dilaksanakan di halaman Mapolres Banjarnegara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH yang diikuti oleh PJU, anggota Polres Banjarnegara, Bapak Camat dan Kades se Kecamatan Banjarnegara.

Bacaan Lainnya

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, titik pelaksanaan keroyok vaksin bertempat ditiga titik yakni di Aula Kelurahan Kutabanjarnegara, Pendopo Kecamatan Banjarnegara dan Aula Desa Sokayasa, adapun yang dikeroyok sebanyak 13 Desa dan Kelurahan.

“Aula Kelurahan Kutabanjarnegara meliputi Kelurahan Semampir, Kutabanjarnegara, Karangtengah dan Wangon, sedangkan di Pendopo Kecamatan Banjarnegara meliputi Desa Ampelsari, Kelurahan Argasoka, Sokanandi, Parakancanggah, Krandegan dan Semarang, adapun di Aula Desa Sokayasa meliputi Desa Cendana, Desa Tlagawera dan Desa Sokayasa,” katanya.

Petugas vaksinasi dan input data dari Puskesmas setempat dan personel Polres Banjarnegara.

Ia menjelaskan, program keroyok vaksin yaitu sistem vaksinasiasi dengan menggerakan seluruh anggota Polres Banjarnegara untuk memobilisasi masyarakat yang belum vaksin, baik dosis satu, dua maupun tiga untuk datang dan beramai-ramai datang ke tempat vaksinasi.

“Mobilisasi ini dilakukan dengan menggunakan mobil dinas maupun pribadi untuk menjemput warga akan mengikuti vaksinasi,” kata dia.

Menurut Kapolres, teknis pelaksanaan Keroyok Vaksin, Kapolsek berkoordinasi dengan Puskesmas dan Desa untuk menentukan lokasi vaksinasi.

“Desa yang ketempatan lokasi vaksinasi, diupayakan secara optimal agar masyarakat yang belum divaksin bisa dihadirkan sebanyak banyaknya,” kata dia.

Untuk pengendalian pendataan juga dibentuk tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil), empat Kabag, masing-masing membawahi dua kasat, Kasat membawahi tiga Kapolsek dan Perwira Polres.

“Pamatwil kita buat secara berjenjang mulai dari Kabag Kasat dan perwira staf,” katanya.

Ia berharap, dengan strategi ini bisa mempercepat vaksinasi Covid-19 dan memenuhi target cakupan vaksinasi di Wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Masyarakat yang belum vaksin kami imbau mari segera lakukan vaksinasi dan semoga vaksinasi ini suksre dan berjalan sesuai rencana,” ujar dia.

Menurut dia, banyak manfaat dari vaksin Covid-19, merangsang sistem kekebalan tubuh, mencapai herd Immunity (Imunitas Klompok).

“Selain itu juga mengurasi risiko penularan virus Covid-19 dan jika terlular virus dampaknya tidak berat atau mengurangi tingkat fatalitas apabila terpapar,” ujarnya.

Meski sudah divaksin, Kapolres mengimbau, agar masyarakat tetap waspada terhadap virus covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M.

“Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.