Ketua APDESI Sukabumi Dukung Percepatan Program ODF

  • Whatsapp

SUKABUMI, RadarBangsa.co.id – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kabupaten Sukabumi Sekaligus Kepala Desa Sukakersa, akan mengawal program Open Defecation Free (ODF) bersama MUSPIKA Kecamatan Parakan Salak beserta UPT Puskesmas ParakanSalak.

Dalam rangka percepatan ODF, pemerintah Desa Sukakersa Kecamatan parakansalak kabupaten sukabumi JawaBarat, melakukan Deklarasi Open Defecation free bersama Muspika dan UPT Puskesmas setempat.

Bacaan Lainnya

Deklarasi ini dilakukan Depan Gedung Balai Sawala Desa Sukakersa rabu 31/3/2021.

Hal ini untuk mendorong kelancaran pelaksanaan kegiatan agar bisa berjalan dengan lancar.

Kades Sukakersa H. Deden Denin S.E menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan program sukabumi sehat dengan dengan gerakan percepatan Open defecation free (ODF) atau di larang buang air besar sembarangan maka, kami mendukung sepenuhnya program tersebut dengan mendeklarasikan program tersebut.

Lanjut kades sukakersa bahwa ODF Sendiri merupakan implementasi dari wujud program pak Bupati Sukabumi, dalam meminimalis atau menghilangkan kegiatan yang kurang baik yang dilakukan di tengah masyarakat saat ini.

Hal ini merupakan program yang mengacu pada peraturan No 1 tahun 2021 tentang percepatan penanganan ODF atau yang disebut dengan open defecation free yang artinya tidak boleh Buang Air Besar dimana saja. Jelasnya.

H Deden selaku kepala Desa Sukakersa sekaligus menjabat sebagai Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi mengatakan
bahwa, program tersebut bisa secepatnya terealisasikan di masyarakat, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya untuk tidak melakukan kebiasaan buang air besar sembarangan,

Lanjut Kades, bahwa sasaran kami selnjutnya dalam tahap awal, akan segera memusnahkan ketika di temukan MCK atau WC umum yang terbuat dari bambu yang biasanya berada d atas kolam ataupun di atas aliran sungai.

Kemudian kami bersama muspica dan instansi kesehatan, akan memberikan solusi untuk mebangun beberapa Spiteng di sekitar area tersebut.

Kami berharap, mudah – mudahan dengan kegiatan ini, sesuai dengan intruksi Bupati Sukabumi. Khususnya untuk masyarakat desa Sukakersa agar bisa berpola hidup sehat salah satunya dengan tidak melakukan kegiatan buang air besar. sembarangan . Ucapnya.

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *