KKN Mahasiswa UNTAG Surabaya, Sosialisasi Pentingnya Prokes

Mahasiswa melakukan penyebaran poster protokol Kesehatan dan karantina mandiri di Koramil Pakong. [IST]

PAMEKASAN, RadarBangsa.co.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, adakan sosialisasi tentang pentingnya protokol Kesehatan kepada karang taruna di Dusun Balanggar, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. KKN reguler semester gasal 2020/2021 dilakukan mahasiswa secara individu di tempat tinggalnya masing-masing.
Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan seperti sekarang ini.

Mohammad Walidi, salah satu mahasiswa yang menjadi pelaksana kegiatan KKN ini mempersiapkan sebuah program kerja sosialisasi tentang protokol kesehatan, karena sebelum pelaksanaan dimulai, mahasiswa menganalisa tempat dan keadaan lingkungan yang nantinya akan mencari permasalahan dan sekaligus solusi bagi lingkungan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kesimpulan yang didapat dari observasi tersebut adalah masyarakat yang ada di Dusun Balanggar, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan ini masih belum waspada terhadap pandemi yang terjadi sekarang ini, dan belum mengetahui pentingnya protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa turut dipantau oleh Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom., M.Med.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok R-06.

Dalam kegiatannya, mahasiswa membuat sebuah karya desain berupa poster, dan juga power point sebagai bahan pendukung, yang nantinya akan menjadi bahan sosialisasi kepada karang taruna Dusun Balanggar, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Mahasiswa memilih karang taruna dengan harapan akan menajadi langkah awal yang dimana para anak – anak muda yang bisa memberikan contoh kepada masyarakat lainnya agar lebih peduli terhadap protokol kesehatan.

Poster yang dibuat juga bertujuan untuk menyebarkan apa yang menjadi pokok – pokok sosialisasi dan akan ditempel diberbagai titik temapt umum, salah satunya di Koramil Pakong, dan tentunya mahasiswa sudah memberikan koordinasi kepada karang taruna untuk ikut berpartisipasi dalam penyebaran poster tersebut.

Mahasiswa juga mengkoordinasi para karang taruna Dusun Balanggar, untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan bagi – bagi masker yang akan dilaksanakan di jalan raya pakong, dan didampingi oleh salah satu anggota Polsek Pakong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, agar berjalannya kegiatan tersebut berjalan secara kondusif, dan tidak melanggar lalu lintas serta protokol kesehatan. Semua kegiatan yang sudah dilakukan nantinya akan di dokumentasi dan menjadi laporan terhadap pihak LPPM.

Dalam kegiatan yang dilakukan ini, dapat dihasilkan bahwa masyarakat khususnya para karang taruna di Dusun Balanggar, yang sebelumnya kurang mengetahui tentang pentingnya protokol kesehatan, dapat memahami dan ikut berpartisipasi dalam semua kegiatan yang dilakukan. Harapannya, semoga para masyarakat, khususnya di Dusun Balanggar, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan ini bisa lebih sadar akan pentingnya protokol Kesehatan, agar penyebaran dari COVID-19 bisa diatasi. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *