Kodam IV/Diponegoro Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Revisi Rencana Strategis Kotama

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto yang diwakilkan oleh Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Hery Setiyanto laksanakan pembukaan kegiatan Bimtek Penyusunan Dokumen Revisi Rencana Strategis (Renstra) Kotama/Balakpus dan Satker tahun 2020-2024 yang dihadiri oleh tim Sosialisasi dari Mabesad, bertempat di Aula Makodam IV/Diponegoro. Kamis (26/08/2021).

Dikatakan oleh Pangdam melalui amanat yang dibacakan oleh Asren bahwa perencanaan merupakan salah satu fungsi organik militer yang secara dinamis mengalami perkembangan organisasi dan ketentuan secara umum dalam sistem pembangunan pertahanan negara.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam menyusun dokumen Revisi Renstra Kotama/Balakpus TNI AD tahun 2020-2024, sesuai dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Pertahanan Negara (SPP Hanneg) Tahun 2018, yaitu pada tingkatan Kotama/Balakpus dan Satker diwajibkan membuat dokumen Renstra sebagai pertanggung jawaban atas pelaksanaan program dan anggarannya.

Selain itu Renstra juga merupakan dokumen perencanaan strategis jangka menengah yang disusun secara top down untuk kurun waktu lima tahun yang mewadahi perencanaan pembangunan dan sebagai pedoman bagi seluruh Satker dalam perencanaan pembangunan kemampuan, kekuatan dan gelar guna mendukung pelaksanaan Tupok sesuai dengan potensi dan permasalahan masing-masing wilayah/bidang tugas dengan dasar keputusan Kasad Nomor Kep/630/VII/2016 tanggal 27 Juli 2016 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Dokumen Rencana Strategis di lingkungan TNI AD.

Untuk itu Pangdam berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek tersebut agar memanfaatkan kegiatan tersebut sebaik-baiknya dengan serius dan sungguh-sungguh dan jangan sungkan untuk menanyakan kepada Tim Sosialisasi terkait hal-hal yang kurang dimengerti agar dalam penyusunan dokumen Revisi Rencana Strategis nantinya tidak mengalami kendala serta tersusun dengan baik tentunya dengan berpedoman pada kebijakan pimpinan Kotama/Balakpus.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahiim kegiatan Bimtek Penyusunan Dokumen Revisi Rencana Strategis Kotama/Balakpus dan Satker di Kodam IV/Diponegoro, secara resmi saya nyatakan dibuka” Ucapnya.

Diakhir amanatnya, Pangdam juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan selalu jaga kesehatan dimanapun berada, sebab saat ini kita masih dalam masa pandemi.

BANDI
Radar Bangsa Perwakilan Jateng-DIY

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *