Komitmennya Terbukti : 37 Siswa MAN 1 Lamongan Lolos SNBP 2023/2024

MAN 1

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Sebanyak 37 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan berhasil lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk tahun ajaran 2023/2024. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari komitmen MAN 1 Lamongan dalam mendukung pendidikan berkualitas serta pencapaian prestasi akademik siswa.

Meskipun menghadapi seleksi yang ketat dan persaingan yang sengit, semangat para siswa  untuk mencapai mimpi mereka tidak surut. Dengan dedikasi yang tinggi, kerja keras, dan dukungan penuh dari para pendidik, mereka berhasil membuktikan bahwa kualitas pendidikan di MAN 1 Lamongan setara dengan standar nasional.

Kepala MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, menyatakan bahwa jumlah peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, jumlah pendaftar pada tahun ini mencapai 791.667, sementara pada tahun sebelumnya hanya sebanyak 678.407 peserta.

Ia menjelaskan bahwa kuota fokasi untuk tahun ini sejumlah 33.608, sementara kuota untuk akademik mencapai 132.450, sehingga total jumlah kuota keseluruhan menjadi 176.058 dari total jumlah pendaftar sebanyak 659.217. Hal ini memiliki dampak yang signifikan pada tingkat persaingan dalam prodi akademik dan fokasi.

“Namun, MAN 1 Lamongan baru kali ini berhasil meluluskan siswa program Sistem Kredit Semester (SKS) dalam waktu hanya 2 tahun. Dari 28 siswa, hanya 7 siswa yang berhasil masuk melalui jalur undangan. 7 siswa SKS ini diterima di berbagai kampus bergengsi dan menjadi lulusan pertama dari program SKS dengan durasi pembelajaran hanya 2 tahun di MAN 1 Lamongan,” ungkap Nur Endah Mahmudah pada Minggu (31/3).

“Kami sangat bangga dengan pencapaian luar biasa para siswa kami, terutama para siswa SKS XII MIPA 9 yang berhasil lulus dalam waktu hanya 2 tahun. Salah satunya adalah Ahmad Javier Bintang Arsyah, yang berhasil diterima di fakultas kedokteran UIN Malik Ibrahim Malang. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras mereka serta dukungan yang tak kenal lelah dari seluruh pengajar di MAN 1 Lamongan,” imbuhnya.

Madrasah ini, katanya, terus berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inovatif, dengan tujuan untuk terus melahirkan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan mewujudkan harapan serta cita-cita para siswa.

“Selamat kepada para siswa MAN 1 Lamongan. Semoga keberhasilan ini menjadi langkah awal dalam perjalanan mereka menuju pencapaian cita-cita yang diinginkan dan memberikan kontribusi positif bagi diri mereka sendiri serta masyarakat,” ujarnya.
Berikut ini adalah nama-nama siswa SKS MAN 1 Lamongan yang diterima di perguruan tinggi bergengsi:
1. Ahmad Javier: Fakultas Pendidikan Dokter, UIN Malik Ibrahim Malang
2. M. Kevin: Teknik Industri, Universitas Airlangga (UNAIR)
3. Nadya Arda: Teknik Pangan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
4. Ahmad Satrio: Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
5. Umi Kaltsum: Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga (UNAIR)
6. Zahrotus: Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
7. Anis Dwi: Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *