Kota Probolinggo Gelar Pramuskomwil IV Apeksi ke-12

  • Whatsapp
Bertempat di Puri Manggala Bhakti digelar Pra Musyawarah Komisariat Wilayah (Pramuskomwil) IV APEKSI ke 12 tahun 2020. [KF]

PROBOLINGGO KOTA, RadarBangsa.co.id – Bertempat di Puri Manggala Bhakti digelar Pra Musyawarah Komisariat Wilayah (Pramuskomwil) IV APEKSI ke 12 tahun 2020, Kamis (3/12). Dihadiri Wali Kota Batu Selaku Ketua Komwil IV APEKSI, para staf ahli, asisten dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo serta pejabat undangan perwakilan dari masing-masing daerah anggota Komwil IV.

Sejatinya, ada 12 kota mengikuti acara Pramuskomwil ini. Lantaran karena pandemi COVID 19, hanya 9 kota yang hadir, diantaranya adalah Kota Batu, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kota Surabaya dan Kota Kupang. Minus Kota Mataram, Kota Bima dan Kota Denpasar.

Bacaan Lainnya

Dibuka Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin melalui Sekda drg. Ninik Ira Wibawati itu dijelaskan bahwa berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Surabaya tahun 2019, serta Surat Keputusan Pengurus Komisariat Wilayah IV tentang penunjukan Kota Probolinggo sebagai tuan rumah Muskomwil IV APEKSI ke 12 tahun 2020, sehingga kepala daerah wajib melaksanakan kegiatan ini meskipun masih dalam situasi pandemi Covid 19 yang masih belum mereda hingga saat ini.

Sekda Ninik berharap acara ini benar-benar dimanfaatkan selain sebagai media silaturahmi antar daerah anggota Komwil IV APEKSI. “Hal ini sesuai dengan tujuan utamanya adalah untuk melakukan diskusi dan pembahasan tentang usulan atau ide serta gagasan dari masing-masing pemerintahan daerah anggota Komwil IV,” urainya

Pramuskomwil IV APEKSI ke 12 ini merupakan tahap awal sebelum penyelenggaraan Muskomwil IV APEKSI di Kota Probolinggo karena materi dari pembahasan Pramuskomwil IV merupakan usulan-usulan dari masing-masing daerah yang didiskusikan oleh semua peserta Pramuskomwil IV APEKSI yang selanjutnya akan menjadi bahan diskusi pelaksanaan Muskomwil IV APEKSI ke 12 di Kota Probolinggo.

Selanjutnya, masih menurut Sekda Ninik, pelaksanaan Muskomwil IV APEKSI ke 12 di Kota Probolinggo akan dilaksanakan setelah kegiatan Pramuskomwil hari ini sesuai dengan kesepatan bersama dari masing-masing daerah dan harapan kami pelaksanaan Muskomwil IV bisa dilakukan dengan sistem daring, karena yang hadir adalah para pimpinan daerah masing-masing anggota Komwil IV APEKSI.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum danPolitik Budy Krisyanto melaporkan bahwa maksud acara ini adalah untuk mengakomodir semua usulan atau saran dari masing- masing pemerintahan daerah anggota komisariat wilayah atau Komwil IV dan mengerucutkan menjadi sebuah keputusan yang bias disepakati bersama walaupun belum final. “Mengangkat isu yang berkembang saat ini beserta saran solusi serta upaya-upaya penanganan dari masing-masing perwakilan daerah anggota Komisariat Wilayah IV,” lanjut Budi Kris.

Menurut Asisten Pemerintahan Kota Batu Bambang Kuncoro dalam sambutannya tujuan acara ini adalah untuk menetapkan pengurus, sekretariat dan ketua Korwil IV periode 2020-2023. “Untuk menggantikan kepengurusan periode 2017-2020 dengan kepengurusan Ketua Wali Kota Batu, Wakil Ketua Kota Mataram, Sekretariat Kota Batu,” terangnya.

Lebih jauh Bambang menerangkan, dengan anggota Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo dan Kota Pasuruan. Sedangkan dari Provinsi Bali adalah Kota Denpasar, Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Kota Bima dan Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Kota Kupang.

Dalam kesempatan itu diberikan cinderamata dari Kota Probolinggo untuk Kota Kupang, Kota Mojokerto dan Ketua Komisariat Wilayah IV APEKSI.

(RB/KF)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *