KPPBC TMP B Dumai Berhasil Amankan Puluhan Kilogram Ganja

0
43

Dumai,radarbangsa.co.id – Narkotika jenis daun ganja kering seberat 39,9 Kg berhasil diamankan oleh Bea dan Cukai Dumai bersama tiga orang tersangka.

Kepala BC Dumai Fuad Fauzi saat menggelar konferensi pers, Rabu (10/7/2019) di Kantor Bea dan Cukai Dumai menjelaskan kronologi penangkapan.

Berdasarkan informasi yang diproleh dari laporan masyarakat bahwa akan ada barang yang dibawa dari bagan besar menuju daerah Mundam, Penangkapan 2 (karton) = 38 paket = 39.936 Gram tanaman daun ganja kering yang dibawa menggunakan angkutan umum dan diikuti pengendara motor.

Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Dumai langsung melakukan pengintaian terhadap angkutan umum dan kendaraan motor yang dimaksud pada pada Selasa (9/7/2019).

Sesampainya di daerah Mundam, Tim P2 Bea Cukai Dumai melakukan pengejaran terhadap angkutan umum yang telah disebutkan ciri-cirinya tersebut.

Sekitar pukul 18.00 WIB, di sekitar pinggir pantai Kelurahan Mundam, Kecamatan Medan Kampai, petugas menghentukan kendaraan angkutan umum tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang berupa 2 buah karton yang berisi buah rambutan.

Pada Saat buah rambutan diangkat didapati bungkusan yang sudah dilakban sebanyak 38 bungkus. Guna mengelabui petugas, daun ganja kering dikemas dalam karton dengan ditutupi daun dan buah rambutan serta diberitahukan sebagai barang pindahan.

Dan selanjutnya petugas melakukan pengejaran terhadap pengendara motor yang berusaha melarikan diri. Pengendara tersebut atas nama inisial KS berhasil diamankan oleh petugas bersama dua tersangka lainnya SL dan AR.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut terduga dan barang bukti selanjutnya dibawa
ke kantor Bea Cukai Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Setelah dilakukan pengujian melalui Laboratorium untuk memastikan barang
tangkapan tersebut dan melalui hasil laboratorium didapati barang bukti
tersebut positif ganja,” jelas Fuad.

Menurut Kepala BC Dumai, tersangka punya peran masing-masing, KS (perempuan) sebagai penunjuk jalan, SL (perempuan) sebagai membantu penunjuk jalan sedangkan AR (laki-laki) sebagai supir.

Hal ini” Fuad mengatakan bahwa para tersangka diduga melanggar Pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,
sekitar Rp 200 .000.000,- (dua ratus juta rupiah ) “Tersangka dan barang bukti akan diserahkan ke Sat Narkoba Polres Kota Dumai,” jelas nya

Yang hadir pada kegiatan konferensi pers tersebut, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan SIK, Kasat Narkoba Polres Dumai, Perwakilan Dandim 0320 Dumai, Perwakilan Danlanal Dumai dan undangan lainnya “.(S.ningsih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here