KPU Kab Kediri Launching Digital RPP Joyoboyo

  • Whatsapp

KEDIRI, RadarBangsa.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menjadi lembaga penyelenggara pemilu pertama di Jawa Timur yang memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) berbasis teknologi Digital.

Launching Digital Rumah Pintar Pemilu Joyoboyo ini dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, di gedung Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri, di Jalan Pamenang Katang, Jum’at siang (06/12), dengan dihadiri Bawaslu, perwakilan kepala sekolah dan siswa di wilayah setempat.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Provinsi Jatim, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro, dalam sambutannya mengatakan, RPP ini sebenarnya bukan merupakan program baru, namun program nasional hasil inovasi dari KPU RI periode sebelumnya.

Menurut mantan Wakil Ketua GP Ansor Kabupaten Jember dan PW Jatim ini, Rumah Pintar Pemilu tersebut adalah pemanfaatan ruang dan bangunan untuk pusat sosialisasi dan pendidikan pemilih.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena KPU Kabupaten Kediri mampu menjawab tantangan untuk berinovasi menyempurnakan RPP yang telah ada menjadi Rumah Pintar Pemilu Digital. Dan RPP Digital di KPU Kabupaten Kediri ini merupakan yang pertama dari 38 daerah di wilayah Jawa Timur,” kata Gogot.

Sekretaris PWI Jember periode 2011-2014 ini berharap nantinya KPU-KPU di daerah lain juga segera memiliki RPP Digital seperti KPU Kabupaten Kediri. Beliau juga berpesan RPP ini dimanfaatkan secara maksimal.

“Setelah diresmikan, jangan sampai berubah menjadi sarang genderuwo. Jadi RPP digital ini harus dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Jangan sampai setelah dibuka kemudian dibiarkan mangkrak,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi dalam sambutannya mengatakan, RPP ini sebenarnya sudah dilaunching pada tahun 2017 oleh KPU periode sebelumnya. Dari ruang yang kecil ini mungkin ada inisiasi untuk melakukan inovasi dengan melakukan RPP Digital.

“Kita sempat berkunjung untuk belajar bersama di KPU Kota Bogor dan KPU Kota Jogjakarta.Hasilnya, kita aplikasikan seperti yang bapak ibu ketahui sekarang, dan hari ini kita langsung bisa melaunching RPP Digital disini. Harapannya dengan ruang yang terbatas tersebut mampu memberikan informasi kepada masyarakat dengan tak terbatas,” kata Ninik Sunarmi.

Menurutnya, dengan RPP Digital diharapkan bisa memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat Kabupaten Kediri. “Di RPP ini kita bisa melihat dan belajar bersama-sama tentang Pilkada dan Pemilu. Sehingga dapat menaikkan peran masyarakat untuk mensukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan,” harapnya.

Dalam launching yang juga dihadiri Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan beberapa KPU daerah sekitar, serta mantan Ketua KPU Kabupaten Kediri ini juga dijelaskan berbagai fasilitas media pembelajaran yang disediakan, di antaranya sejarah dan kaleidoskop tentang KPU, ada pula dokumentasi, termasuk tentang surat-surat masuk maupun keluar.

Pada Rumah Pintar Pemilu Digital KPU Kabupaten Kediri tersebut juga diberikan ruang home theater yang digunakan untuk pembelajaran sambil menonton film layaknya berada sebuah bioskop, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. (Jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *