Kunker Achmad Fauzi ke Puskesmas Prepare Covid-19 di Pasongsongan Sumenep

  • Whatsapp
Kunjungan Kerja Dan Silaturahmi Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., Ke Puskesmas Pasongsongan Kabupaten Sumenep Jawa Timur

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi Wakil Bupati (Wabup) Achmad Fauzi, bersama Kepala Dinas Kesehatan Agus Mulyono, beserta beberapa jajaran staf Pemerintah Kabupaten Sumenep ke salahsatu Puskesmas yang merupakan Puskesmas persiapan (Prepare) pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam upaya pencegahan dan penangan penyebaran Covid-19 yaitu, Puskesmas Pasongsongan Kabupaten Sumenep.

Kegiatan acara berlangsung di ruang pertemuan kantor Puskesmas Pasongsongan dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Agus Mulyono, Forkopimka Pasongsongan, Kepala Puskesmas berserta staf Puskesmas Pasangsongan. Selasa (28/07/2020).

Bacaan Lainnya

drg. Yenny Tri Suci, M.Kes., Kepala Puskesmas Pasongsongan dalam sambutannya menyampaikan terkait keberadaan dan kesiapan Puskesmas dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Selain peningkatan status akreditasi dasar menjadi utama, juga tersedianya sarana dan prasana Puskesmas yang cukup memadai.

“Selain peningkatan status akreditasi, Puskesmas kami memiliki 20 bed (red, tempat tidur pasien) rawat inap dan persalinan, dan juga kami telah mempersiapkan dua kamar isolasi untuk kebutuhan apabila ada pasien terkonfirmasi Covid-19 yang membutuhkan perawatan atau isolasi mandiri di Puskesmas,” jelas dokter Yenny panggilan populernya.

Selanjutnya, dr. Yenny menyampaikan bahwa Puskesmas Pasongsongan merupakan Puskesmas pertama yang bisa melaksanakan pemeriksaan PCR atau test swab untuk pasien yang terpapar Covid-19.

“Puskesmas Pasongsongan menjadi Puskesmas pertama yang bisa melaksanakan test swab sendiri di Puskesmas. Sedangkan Puskesmas lainnya melaksanakan test swab di Labkesda Sumenep. Jadi Puskesmas Pasongsongan yang pertama kali,” imbuhnya.

Lebihlanjut, Yenny menyampaikan bahwa Puskesmas Pasongsongan telah menjadi Puskesmas Tangguh dengan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan stadart operasional (SOP) pencegahan dan penanganan penyabaran Covid-19.

“Puskesmas Pasongsongan juga menjadi puskesmas tangguh dengan penerapan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan protapnya,” pungkasnya.

Agus Mulyono, MCH., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dalam sambutannya menyampaikan bahwa Puskesmas Pasongsongan saat ini adalah salahsatu Puskesmas yang mengalami peningkatan dari status akreditasi dasar menjadi akreditasi utama.

“Selain akreditasi dasar menjadi utama, juga menjadi Puskesmas Prepare untuk Pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Achmad Fauzi, S.H., Wakil Bupati Sumenep dalam sambutannya menghimbau agar tenaga kesehatan di Puskesmas Pasongsongan tetap waspada, hati – hati dan teliti dalam melaksanakan tindakan penanganan pasien pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Karena memang banyak tenaga kesehatan yang telah terpapar virus corona ini, maka untuk kewaspadaan pada masa pandemi ini, agar tetap waspada dan hati – hati terhadap Covid-19 ini,” pungkasnya.

(ONG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *