Kunker Wabup Fauzi Ke Puskesmas Pragaan Sumenep Bicara Soal PPK BLUD

  • Whatsapp
Kunjungan Kerja dan Silaturrahim Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi ke Puskesmas Pragaan, Sumenep Jawa Timur

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi Wakil Bupati (Wabup) Achmad Fauzi, bersama Kepala Dinas Kesehatan Agus Mulyono, beserta beberapa jajaran staf Pemerintah Kabupaten Sumenep, pada hari Selasa tanggal 28 Juli 2020 sekira pukul 13.00 WIB, ke Puskesmas Pragaan dalam upaya pencegahan dan penangan penyebaran Covid-19, dan peningkatan sistem pelayanan Puskesmas dengan penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD), peningkatan kualitas SDM, serta peningkatan sarana dan prasarana di Puskesmas.

Kedatangan Wakil Bupati Sumenep ke Puskesmas Pragaan disambut oleh Forkopimka Kecamatan Pragaan, Kegiatan acara tersebut berlangsung di ruang pertemuan kantor Puskesmas Pragaan dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Agus Mulyono, Kepala Puskesmas berserta staf Puskesmas Pragaan Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Rabu (29/07/2020).

Bacaan Lainnya

RB. Khairul Anwar, Kepala Puskesmas Pragaan menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep terkait hal-hal yang dibutuhkan Puskesmas Pragaan untuk mengembangkan dan memajukan Puskesmas Pragaan dari segala sudut yaitu dari segi sarana dan prasarana, beserta honor insentif bagi anggota yang sukwan yang sudah lama mengabdi di Puskesmas Pragaan Kabupaten Sumenep.

“Saya mengusulkan mungkin ada perhatian dari Pemerintah Daerah terkait teman-teman sukwan sehingga ada semacam honor insentif, di wilayah kerja Puskesmas Pragaan banyak tenaga sukwan yang sudah lama mengabdi ada yang sampai 12 tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut RB. Khairul Anwar juga menyampaikan kepada media ini bahwa, ia berharap kepada anggota Puskesmas Pragaan untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan memperbaiki kualitas SDM serta melakukan penataan sarana dan prasarana yang baik kedepannya.

“Kedepan saya menginginkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat selalu prima dalam artian masyarakat selalu puas dengan pelayanan yang di berikan tanpa mengesampingkan perbaikan ke dalam baik itu SDM kedisiplinan dan penataan sarana prasarana. Kedepan kita akan selalu membuat inovasi-inovasi pelayanan terkait program-program kesehatan yang belum maksimal,” ujar Khairul Anwar.

Agus Mulyono, MCH., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, secara ekslusif kepada media ini menyampaikan bahwa Puskesmas di Kabupaten Sumenep akan lebih diberikan keleluasaan didalam mengatur internalnya dengan dibuatkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD).

“Dalam kegiatan pelayanan, kebijakan Pemkab Sumenep sekarang ini kami menyiapkan supaya Puskesmas lebih mendapat pelayanan yang lebih leluasa dengan cara kita siapkan dan ini jangan dianggap janji tapi kita sudah berproses Puskesmas ini akan dibuat bagaimana supaya memberi, mendapatkan keleluasaan dalam mengatur interennya dengan cara PPK BLUD Puskesmas,” ungkapnya.

Selanjutnya, Agus Mulyono, MCH menyampaikan dalam sambutannya terkait pengajuan produk hukum untuk PPK BLUD Puskesmas yang sudah diajukan ke pemerintah pusat.

“Untuk BLUD yang diperintahkan bapak Wabup memang sudah disiapkan dan sekarang ini sudah ada tiga produk hukum yang diajukan yaitu, penetapan BLUD, pedoman teknis untuk penyelenggaraan PPK untuk Puskesmas, pengelolaan keuangan, dan nanti akan disusul pengelolaan sumber daya dan lain-lain dan juga ditargetkan 31 Juli ini sudah kelar mudah-mudahan tahun depan kita sudah melaksanakan PPK BLUD,” ujar Agus panggilan populer Kepala Dinas Kesehatan Sumenep.

Agus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, mengapresiasi kepada petugas tim medis Puskesmas Pragaan karena kinerja yang baik dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita memberikan apresiasi kepada petugas Puskesmas dan jaringannya, karena mereka tetap memberikan pelayanan terbaik sekalipun penuh resiko, tapi mereka tetap memberikan yang terbaik demi masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

Achmad Fauzi, S.H., Wakil Bupati Sumenep, secara ekslusif kepada media ini menyampaikan agar kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep untuk mempersiapkan dalam segala hal yang harus di lakukan Puskesmas ketika nanti sudah menerapakan Pola Pelayanan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD).

“Kembali kepada pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, maka segala sesuatu harus siap baik pelayanan maupun sarana dan prasarana juga harus siap. Intinya kita menanyakan kesiapan mereka kedepan karena begitu diterapkan BLUD mereka harus mampu mengelola Puskesmasnya masing-masing sehingga kami nantinya lebih melebar dalam pengelolaan keuangannya, artinya mereka nanti bisa berkreasi dan berinovasi secara mandiri,” tuturnya.

Selanjutnya, Achmad Fauzi, S.H., memberikan semangat kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep untuk tetap melakukan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat.

“Untuk Puskesmas kedepan tetap harus semangat dalam melayani masyarakat, tidak perlu takut dalam kondisi pademi Covid-19 saat ini, namu tetap waspada, hati-hati dan teliti dalam bekerja dengan maksimal karena masyarakat ini butuh diayomi dengan sebaik – baiknya,” pungkasnya.

(DAN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *