Lestarikan Budaya Kuliner Tradisional Mahasiswa PMM 49 UMM Bantu Produk UMKM Kue Jemblem

MOJOKERTO, RadarBangsa.co.id – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa PMM kelompok 49 Universitas Muhammadiyah Malang di laksanakan di Desa Trawas, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Cinta akan daerah dan produk lokal Mahasiswa PMM UMM kelompok 49 membantu membangkitkan UKM kue jemblem Guna membantu UMKM yang terdampak virus COVID-19 kelompok PMM 49 mengembangkan penjualan via online dan offline. makanan khas yang terbuat dari singkong, Yaitu jemblem khususnya masyarakat jawa timuryang tinggal di desa pasti sangat akrab dengan makanan ini.

Bacaan Lainnya

Makanan ini dibuat dari singkong yang sudah diparut, ditumbuk dan memakai mesin giling. Kemudian di beri isiangula merah atau gula aren dan ada juga yang di campur pada adonan jemblem tersebut sehingga, jemblemnya sudah manis tanpa adanya isian. Setelah itu digoreng, hingga kecoklatan.

Ukuran yang relatif besar, Tekstur makanan yang padat dan bahan baku yangdibuat dari singkong, yang merupakan sumber karbohidrat yang tinggi membuat kita yang makan cepat kenyang.

Berawal dari himbauan pemerintah untuk work from home di Indonesia, tujuan kelompok PMM 49 UMM membantu UMKM yang masih berjualan offline untuk mengembangkan ke online, mengingat saat ini semua kegiatan dikerjakan dari rumah.

Kelompok PMM 49 desa trawas membuat beberapa program salah satunya mengembangkan dan membantu UMKM kue jemblem , supaya UMKM bisa bertahan dan bangkit di masasulit pada saat ini. Berada ditengah-tengah pandemi Covid-19, membuat pelaku UMKM harus pintarmensiasati strategi bisnis.

Jangan sampai, bisnis yang sudah berjalan selama bertahun-tahun,hancur akibat dampak dari penyebaran Covid-19. Penyesuaian strategi pun dilakukan oleh sejumlah UMKM, salah satunya Djemblem yang berada di Dusun Kemloko, kecamatan Trawas.

Produsen kue jemblem dari Kecamatan Trawas ini menurunkan target produksi danmemanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran, lewat program memanfaatkan mediasosial kelompok PMM 49 UMM membantu mempromosikan lewat media sosial seperti diinstagram, facebook dll.

Harapan kami sebagai mahasiswa universitas muhammadiyah Malang yang tergabung dalam program PMM kelompok 49 yang bertempat di dusun Kemloko guna ini adalah dapat menjalankan program kerja kami dengan baik dansemaksimal mungkin. Kami sangat berharap dengan adanya proker kami ini dapat benar-benar memajukan UMKM yang ada di Dusun Kemloko tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *