Lubuk Sikaping Festival 2022, Tampilkan Seni Budaya dan Ajang Promosi Produk Lokal UMK

Benny Utama Bupati Pasaman saat mengunjungi produk produk UMKM, seperti kuliner, kerajinan bordir, anyaman, dan industri rumahtangga (IST)

PASAMAN, RadarBangsa.co.id – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M dan sekaligus moment untuk menyambut para dunsanak yang pulang dari perantuan untuk merayakan lebaran di kampung halaman kota Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, Nina Darmayanti,SSTP,MP Camat Lubuk Sikaping menggelar “Lubuk Sikaping Festival 2022” yang berlangsung 7-10 Mei 2022, yang bertempat di pelataran Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping dan Surau Lamo di Nagari Jambak, Sabtu (07/05/2022).

Kegiatan ini sangat sejalan dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat, dimana diminta kepada daerah untuk dapat mengadakan event event budaya dan membangun suasana kekerabatan yang berbasis tradisi dan berlandaskan falsafah “adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, dan kegiatan ini juga selaras dengan Viisi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, yaitu “Mewujudkan Masyarakat PasamanYang Lebih Baik dan Bermartabat”, dan misi prioritas pada RPJMD Kabupaten Pasaman 2021-2026, yakni Pasaman meningkatkan ekonomi kerakyatan, Pasaman tujuan wisata, dan Pasaman Berbudaya. Hal tersebut disampaikan Nina Darmayanti dalam laporan Nya selaku Ketua Panitia Pelaksana “Lubuk Sikaping Festival 2022” pada acara pembukaan Lubuk Sikaping Festival 2022 yang bertempat di pelataran Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping, Sabtu (07/05/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam laporan Nya, Nina Darmayanti menyebutkan bahwa pada acara Festival ini akan diadakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah : penampilan kesenian tradisional dan kreatifitas seni budaya anak nagari se kecamatan Lubuk Sikaping, pameran kuliner khas nagari, pameran produk UMKM Kabupaten Pasaman, lomba masak ikan air tawar.

Lanjut Nina, peserta Lubuk Sikaping Festival 2022 berasal dari : Nagari se kecamatan Lubuk Sikaping beserta rombongan barisan Niniak Mamak, alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda, perangkat nagari, Lembaga Nagari, dan anak nagari, Para Pegiat dan pengusaha UMKM, Tim Penggerak PKK Nagari se kecamatan Lubuk Sikaping, dan partisipasi para siswa/siswi SLTA se kecamatan Lubuk Sikaping.
Terkait dengan pagelaran seni budaya, Nina Darmayanti menyebutkan bahwa selama Lubuk Sikaping Festival ini, akan ditampilkan Silek, Randai Tari, Saluang Dangdut, Dikie Pano, Barzanj, dan Nasyid.

Diakhir laporan Nya, Nina Darmayanti Camat Lubuk Sikaping menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati/Wakil Bupati Pasaman, Bapak Sekda Kabupaten Pasaman, Bank Nagari, Bank BRI, Bank BSI, Bank BNI, Bank Mandiri, PDAM Kabupaten Pasaman, OPD terkait, Polres Pasaman, dan pihak lainya yang telah memberikan support atas terlaksananya “Lubuk Sikaping Festival 2022” ini . Tutur Nina.

Edy Utama, selaku kurator dan budayawan Sumatera Barat yang berasal dari Pasaman, dalam sambutan Nya sewaktu pembukaan Lubuk Sikaping Festival 2022, meyampaikan bahwa ada beberapa kelompok anak muda di beberapa nagari di Kecamatan Lubuk Sikaping yang justru tetap ingin mempertahankan budaya mereka dengan cara mereka sendiri seperti di Tanjung Beringin ada kelompok anak muda yang berlatih silat, di Jambak dan Air Manggis ada kelompok anak muda yang berlatih randai dan beberapa tempat lainya, dan mereka masih belum mendapatkan kekuatan untuk bisa mengembangkan diri mereka secara maksimal.

Untuk itu Edy Utama berharap ada ruang dan ada wadah bersama untuk kita dukung bersama, sehingga budaya dan adat kita yang berbasis adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” bisa terus berkembang sebagai antisipasi situasi global sekarang ini yang mengajak anak anak muda untuk keluar dari tradisi mereka. Ungkap Edy Utama.

Edy Utama juga mengatakan bahwa Lubuk Sikaping Festival 2022 ini pada hakekatnya adalah untuk mengembalikan budaya adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”, dan bagaimana kemudian mamak dan anak kemenakan bisa bersatu kembali dalam membangun nagari mereka.

Pembukaan Lubuk Sikaping Festival 2022, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Benny Utama Bupati Pasaman dan Sabar AS Wakil Bupati Pasaman yang bertempat di Pelataran Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping, Sabtu (07/05/2022).

Dalam sambutan Nya pada acara pembukaan Lubuk Sikaping Festival 2022 tersebut, Benny Utama menyampaikan bahwa kekhawatiran kita saat ini dengan adanya globalisasi dan kemajuan zaman akan mengakibatkan pergeseran budaya, dimana akan masuk budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Pasaman khususnya dan Sumatera Barat umunya, dan salah satu cara yang kita tempuh adalah mendorong seni budaya anak nagari untuk tumbuh dan berkembang serta menjadikan seni budaya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri, sehingga kita tidak kehilangan jati diri kita sebagai orang Minagkabau dan orang Sumatera Barat. Sebut Benny Utama.

Terkait dengan seni budaya, Benny Utama menyampaikan bahwa masih banyak seni budaya anak nagari yang belum tereksploitasi dengan baik, dan masih sedikit ruang bagi anak nagari untuk berkreasi mengembangkan seni budaya, untuk itu saya minta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman untuk mencari regulasi sehingga kegiatan seni budaya anak nagari bisa diakomodir melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari. Tutur Benny Utama.

Terkait dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Benny Utama Bupati Pasaman meminta kepada para Wali Nagari dan pemangku kepentingan lainya untuk mendorong, tumbuh dan berkembang kegiatan UMKM masyarakat termasuk permodalan, sehingga UMKM akan menjadi ketahanan ekonomi ditengah tengah masyarakat, serta kepada OPD terkait untuk dapat mempromosikan dan pemasaran produk produk UMKM yang dihasilkan oleh kelompok masyarakat.

Diakhir sambutan Nya, Benny Utama Bupati Pasamman mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dan atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin

Dari pantauan awak media ini dilapangan, turut hadir pada acara pembukaan Lubuk Sikaping Festival 2022 adalah Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Forkopimda, Anggota DPRD Dapil 1 Lubuk Sikaping, Sekda, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala OPD terkait, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ketua GOW Kabupaten Pasaman, Ketua DWP Kabupaten Pasaman, Camat se Kabupaten Pasaman, Forkopincam se Kecamatan Lubuk Sikaping, Wali Nagari dan Ketua Bamus se Kabupaten Pasaman, Barisan Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Pemuda/Anak Nagari, dan para perantau yang datang ke lokasi.

Masing masing Nagari se Kecamatan Lubuk sikaping menampilkan stand pameran yang berisikan produk produk UMKM, seperti kuliner, kerajinan bordir, anyaman, dan industri rumahtangga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.