Mahasiswa Unesa Ciptakan Produk Eco Kids

  • Whatsapp
Eco Kids buatan Tim PKM K FEB Unesa

SURABAYA, RadarBangsa.co.id- Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM K) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa) membuat sebuah ide atau gagasan untuk menciptakan inovasi cat warna edible yang aman bagi anak-anak.

Tim PKM K ini diketuai oleh Britania Christy dan beranggotakan Khovifa Nur Kumala, Nadiah Armadanti Salma, Sri Wilujeng Rizki Amalia, dan Siti Wiwik Susanti dengan dosen pembimbing Mariana.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim PKM K, Britania Christy mengatakan bahwa, pada umumnya usia golden age merupakan sebuah emas bagi anak sehingga penting mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

“Perkembangan intelektual anak 74% diperoleh dari visual, 12% dari pendengaran dan sisanya dari hal lain. Salah satu stimulus yang dapat dipilih untuk meningkatkan kecerdasaran visual anak adalah permainan warna.

“Akan tetapi, produk cat warna yang beredar di pasaran menggunakan pewarna sintetis sehingga tidak aman bagi anak karena pada usia golden age anak rentan memakan apa pun yang ada di tangannya.

“Pewarna sintetis juga dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Selain itu, produk cat warna yang beredar di pasaran tergolong mahal dan isinya cenderung sedikit,” beber Britania. Rabu, (08/9/2021).

Maka inovasi dalam pembuatan Edible Colour dengan menggunakan cat warna edible tersebut memiliki tidak berbahaya dan berbagai manfaat sekali.

“Selanjutnya, tujuan produk ini hanya khusus untuk anak-anak. Anak-anak yang berada dalam masa golden age. Selain itu dapat meningkatkan kreativitas dalam hal mewarnai, melatih kemampuan motorik, dan menstimulasi perkembangan otak kanan.

Produk Eco Kids juga memberikan rasa aman pada orang tua karena cat warna edible ini tidak berbahaya jika termakan oleh anak-anak, sehingga orang tua tidak perlu ragu dan khawatir lagi saat anak belajar mewarnai sendiri,tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa, dampak produk ini bagi masyarakat dan lingkungan sekitar dapat dikatakan positif, bagi masyarakat khususnya anak-anak dapat meningkatkan kreativitasnya dalam hal mewarnai, melatih kemampuan motorik, dan menstimulasi perkembangan otak kanan. Dan bagi lingkungan hal ini aman, bahkan tidak ada limbah sekalipun karena bahan terbuat dari alam.

Sebagai produk hasil PKM K, produk eco kids ini siap dipasarkan dalam bentuk harga terjangkau Produk ini dijual seharga 35.000 rupiah, di bawah harga competitor yang berada pada kisaran 40.000 ke atas.

“Produk dapat berlanjut meningat luasnya pangsa pasar, produk bermanfaat melatih kecerdasan anak-anak usia golden age, menjadi solusi bgi ortu yang merasa khawatir akan kesehatan anak karena pemakaian bahan kimia pada cat warna,” tandasnya.

(ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *