Maksimalkan Potensi Desa, Pemdes Padang Lumajang Akan Bangun Tempat Wisata Halal

Kepala Desa Padang, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, Akhmad Fauji. (Dok Foto Riyaman)

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Padang, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang Jawa Timur optimis akan memaksimalkan potensi desanya.

Menurut Kepala Desa (Kades) Padang, Akhmad Fauji, ketika ditemui Radarbangsa.co.id di ruang kerjanya, Rabu (3/8) mengatakan, jika pihaknya berkomitmen akan meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui objek wisata halal, dimana tempat tersebut nantinya berbeda dan satu satunya yang ada di Lumajang, sehingga pasti akan semakin diminati.

Bacaan Lainnya

Dalam pengembangan objek wisata tersebut nantinya akan fokus pada wisata air yakni kolam renang, wisata Kuliner yang tentu saja tempat wisata yang membuat para pengunjung terpukau dan merasa betah serta akan kembali menikmati tempat wisata tersebut, dan tempat tersebut nantinya akan dinamakan Padang Asri, mengingat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) selama ini telah dinamakan Padang Mas.

Dalam melakukan peningkatan taraf hidup masyarakat guna mendongkrak menjadi masyarakat yang sejahtera bahagia objek wisata halal akan dikemas dalam Bumdes dan saat ini dalam merealisasikan program tersebut masih dalam perencanaan dan pembebasan lahan serta managemen angggaranya dilakukan perpaduan yakni antara anggaran dari Dana Desa (DD) dan dana dari pendapatan asli desa karena Tanah Kas Desa (TKD) Padang selama ini dan kedepan akan dikelola secara bersama.

Orang nomor satu di desa Padang ini juga optimis, kalau nantinya usaha tersebut akan berkembang, karena telah belajar dari kegagalan bumdes yang lain selama ini.

Fauji juga sangat percaya diri dalam memajukan desanya mengingat memimpin desa dirasa lebih mudah dari pada memimpin perusahaan, karena selama ini pihaknya telah memimpin perusahaan yang telah dikelola yakni perusahaan jamu.

“Insyaloh akan berkembang dan maju usaha ini, namun demikian dukungan semua pihak dan doa bersama yang selalu pihaknya harapkan dari masyarakat dan stake holder lain guna memaksimalkan potensi desa demi masyarakat luas, “Jelasnya.

Akhmad Fauji menyampaikan, kalau pihaknya akan mendatangkan konsultan khusus dalam melakukan pembangunan tempat wisata air dan tempat pengembangan kuliner yang akan dikelolanya nanti.

Desa Padang Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, kata Akhmad Fauji, berdasarkan dari surat keputusan Kementrian Desa, saat ini telah berstatus menjadi desa maju. Jika sebelumnya dengan rentang waktu yang lama menjadi desa tertinggal, dan ditargetkan pada tahun 2025 Desa Padang akan menjadi desa Mandiri”, terang Akhmad Fauji.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *