Media Branding Memikat Mahasiswa Magang Mendalami Kosentrasi di Humas Universitas Dinamika

  • Whatsapp

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Satria Tri Atmaja dan dua teman yaitu Iqbal Dwi Ramadhan serta Ahmad Afif Hidayat yang tergabung dalam satu tim magang merupakan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, yang melakukan program magang di Instansi Pendidikan Universitas Dinamika bagian Hubungan Masyarakat. Periode pelaksanaan magang yang dilaksanakan mulai 2 November 2020 sampai 3 Desember 2020.

Dalam minggu-minggu awal, mahasiswa magang diberi tugas untuk menulis naskah podcast untuk episode 9. Dengan judul “ POCONG MAKIN EKSIS? “ dan mengundang 2 narasumber. Untuk membuat naskah podcast, mahasiswa magang mencari sebanyak mungkin bahan yang nantinya akan digunakan untuk menanyakan kepada narasumber. Sedangkan untuk Narasumber nya mengambil dari 2 perspektif yaitu dari perfilman dari sinematografi dan dari perkspektif dunia metafisika.

Bacaan Lainnya

Disini salah satu mahasiswa magang diberikan kesempatan menjadi narasumber podcast, dengan beberapa pengalaman yang sudah didapatkan saat perkuliahan maka mahasiswa magang mencoba untuk research terlebih dahulu topik yang akan dibahas, dengan begitu ketika take podcast announcer menanyakan seputar topik, narasumber tidak bingung untuk menjawab dengan sesuai bidang keahlian masing masing, D’Cast Episode 9 ini adalah episode untuk merayakan hallowen dengan mengangkat tema “ SETAN LOKAL “ dengan begitu semua pendengar podcast tetap bisa hawa dari hallowen dengan ada nya episode ini.

Salah satu mahasisaw magang menjadi narasumber dengan perspektif dari dunia perfilman dan sinematografian, topik yang cukup menarik dengan 2 narasumber yang berlawanan perspektif namun tetap bisa berinteraksi dan memberikan efek seram kepada pendengar dengan pertanyaan pertanyaan yang ditanyakan oleh announcer.

Di minggu berikutnya, mahasiswa magang diberi tugas untuk mempersiapkan acara live streaming dengan tema kesehatan yang akan mengangkat penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang dalam tim yaitu STETOSKOP PORTABEL. Dalam beberapa kesempatan mahasiswa melakukan persiapan dengan fasilitas dari Universitas Dinamika cukup lengkap, itu membuat mahasiswa magang bisa mempersiapkan dan menggunakan fasilitas tersebut dengan maksimal.

Selain live streaming melalui sosial media conference yaitu google meet dan zoom, mahasiswa magang juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengontrolan jalan nya live streaming. Serta mahasiswa magang juga memperoleh pengalaman baru tentang bagaimana suasana dibalik layar saat live streaming yang dilakukan oleh instansi Pendidikan dengan format yang formal.

Di beberapa kali kesempatan mahasiswa magang juga mendapat mandat untuk melanjutkan beberapa episode terakhir podcast sampai program kerja akhir tahun sekitar 3 episode dengan 1 episode masih dengan tema hallowen dan dua lain nya membahas tentang film,percintaan sampai pahlawan karena 10 November diperingati dengan hari pahlawan.

Tim mahasiswa magang yang berjumlah 3 orang akhirnya dengan sendiri melaksanakan perkejaan yang sesuai dengan bidang yang mereka kuasai dengan rasa tanggung jawab penuh.

Berhubung salah satu program studi di Universitas Dinamika hendak melakukan akreditasi yaitu program studi S1 Desain Produk, kami berkesempatan besar dalam membantu kesuksesan akreditasi tersebut. Mahasiswa magang membuat video company profile tentang program studi dengan menampilkan borang-borang penilaian seperti visi misi, tenaga pendidik, sarana prasarana, dan sebagainya.

Mahasiswa magang melakukan pengambilan video selama 2 hari dan melakukan pengeditan selama 3 hari. Tak hanya itu, karena akreditasi program studi S1 Desain Produk dilakukan secara online, maka Mahasiswa magang turut membantu dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan tersebut.

Dengan mengdokumentasikan beberapa momen dan menjadi kameramen saat penilaian akreditasi berlangssung. Kegiatan akreditasi program studi ini dilakukan selama 2 hari dan berhasil mendapatkan Akreditasi “B”.

Dalam memperingati Ulang Tahun Teknoform Surabaya yang ketiga, tim humas memiliki agenda yaitu membuat lomba video kreatif dengan tema “Rindu Museum Teknoform” yang ditujukan kepada masyarakat umum guna mengajak masyarakat untuk bernostalgia dan berkunjung ke dalam museum. Agenda ini juga secara tidak langsung sebagai branding dari Universitas Dinamika Surabaya. Lomba ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh beberapa peserta

Beberapa waktu lalu mahasiswa magang mendapati Instagram pribadinya di ikuti oleh akun yang mengatasnamakan Universitas Dinamika, namun ada yang janggal dari akun tersebut dengan tidak adanya postingan dan jumlah pengikut yang berbanding terbalik dengan akun resmi Instagram Universitas Dinamika.

Mahasiswa magang mengusulkan untuk langsung membuat tindakan setelah pihak dari humas Universitas Dinamika banyak menemukan keluhan dari Civitas Akademika bahwasanya Instagram pribadi menjadi sasaran juga.

Akhirnya pihak humas menimbang dengan agar terciptanya suasana yang kondusif kembali, membuat klarifikasi bahwasanya akun tersebut bukan akun resmi dari Universitas Dinamika dan jika ada yang merasa menjadi korban melalui DM (Dirrect Messege ) diluar tanggung jawab dari Universitas Dinamika.

“Harapan saya dengan dilaksanakannya Program Magang ini, bisa meningkat softskill dan hardskill serta pengalaman peserta sebagai luaran yang dibutuhkan saat berada didunia kerja” ungkap Atmaja, sapaan akrab Satria Tri Atmaja (1/12/2020)

Atmaja juga menambahkan, semoga teman teman komunikasi juga tetap bisa kreatif meskipun di masa pandemi seperti ini. Seperti saat membuat karya sebagai portofolio untuk nantinya sebagai catatan saat mendaftar dan terjun di dunia kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *