Membangun SDM Adalah Pondasi, Agar Perekonomian Desa Kreteranggon Meningkat

0
76

LAMONGAN.radarbangsa.co.id – Membangun desa baik fisik maupun non fisik merupakan harapan dan cita-cita semua Pemerintah Desa (Pemdes) khususnya wilayah Kabupaten Lamongan.

Begitu juga yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Kreteranggon Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dalam meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian masyarakatnya.

Kepala Desa (Kades) Kreteranggon Kasmadi mengatakan, diawal kepemimpinannya enam tahun yang lalu lebih mengutamakan pembangunan non fisik.

“Visi dan misi kami diawal kepemimpinan lebih mengutamakan pembangunan desa bidang non fisik. Yakni membangun sumber daya manusia (SDM) di sisi kesadaran sosial politik,”kata Kepala Desa (Kades) Kasmadi. Kamis (13/06/2019).

Menurutnya, jika SDMnya warga sudah terbentuk akan kesadaran dalam sosial politik. Maka secara tidak langsung mereka memiliki keterikatan untuk turut serta dalam membangun desa.

“Terbukti dari apa yang sudah menjadi visi dan misi kami tersebut. Dari yang dulunya pembangunan infrastruktur belum bisa merata. Saat ini mulai jalan poros desa sampai dengan jalan lingkungan dari tujuh dusun di Desa Kreteranggon terbangun secara keseluruhan,”ungkapnya.

Kasmadi menambahkan, meratanya pembangunan jalan poros desa dan jalan lingkungan akan memberikan dampak meningkatnya perekonomian dengan adanya kemudahan transportasi. “Karena masyoritas masyarakat kami bermata pencaharian sebagai petani,”paparnya.

Meski demikian, lanjut Kasmadi, pembangunan yang merata tidak lepas dari campur tangan pemerintah pusat maupun daerah berupa APBD, ADD dan DD serta anggaran desa lainnya yang turun ke desa.

“Salah satu contoh adanya pembangunan jalan poros desa yang curam dan jembatan di Dusun Ranggon. Jika hanya mengandalkan Dana Desa (DD), hal ini tidak akan mungkin terlaksana karena dana yang dianggarkan cukup besar,”jelas Kades yang memimpin sekira 4000 warga tersebut.

Dari potensi yang dimiliki Desa Kreteranggon berupa hasil pertanian padi, jagung dan tembakau, dia memiliki harapan besar bisa memaksimalkannya agar roda perekonomian bisa meningkat.

Oleh sebab itu, di periode kepemimpinannya yang pertama, dia lebih fokus pada pembangunan infrastruktur dari pada pemberdayaan masyarakatnya.

“Jika nantinya masyarakat kembali mempercayakan pucuk kepemimpinan Desa Kreteranggon kepada kami di enam tahun yang akan datang. Maka kami akan meningkatkan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat,”tutur Kasmadi yang menyatakan sudah terdaftar di bursa pencalonan pemilihan Kepala Desa Kreteranggon Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan.

Selain itu, dia juga akan melanjutkan visi dan misi dengan adanya program pembangunan pasar desa, memaksimalkan fungsi BUMDes, menggali potensi desa lainnya berupa sentralisasi kue dan tikar pandan serta menciptakan wisata desa agar nantinya bisa memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Dengan maksimalnya perputaran uang di masyarakat, maka roda perekonomian desa juga akan semakin meningkat pula,”terangnya.


Demikian pula, berkenaan pelayanan desa, Kasmadi memberikan layanan prima kepada warganya. “Jam berapapun bagi warga yang membutuhkan surat-surat senantiasa dilayani dengan tangan terbuka. Kuncinya, terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat desanya, selain memberikan tauladan, juga memperkuat sistem kelembagaan desa,”katanya menambahkan.

Semua perangkat desa, difungsikan secara optimal. Dan apa yang menyemangatinya, total mengabdi dan berbhakti bagi warga desanya? “Hidup itu apa dan untuk siapa yang dicari, kalau tidak berbuat yang terbaik. Selagi, diberi kesempatan, dan kepercayaan warga terlebih niatan kami adalah memberikan yang terbaik untuk desa,” pungkasnya. (huda).

LEAVE A REPLY