Mengenal Teknik Penulisan Naskah Radio di Global FM Surabaya oleh Mahasiswa Untag

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Kegiatan magang sangatlah penting untuk membantu mahasiswa mengenal dunia kerja secara nyata. Program magang ini juga bisa sebagai pengenalan terkait bagaimana bekerja secara profesional. Mahasiswa juga bisa beradaptasi dengan alur pekerjaan dan tahapan di dalam pekerjaan tersebut hingga hubungan profesional. (13/07/2021)

Dalam hal ini, Shafri Alfiansyah sebagai peserta magang dari jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam pelaksanaan magang di Radio Global FM Surabaya selama 2 bulan dimulai dari 19 april – 18 juni 2021, diajarkan tentang teknik-teknik penulisan dalam membuat sebuah naskah berita radio yang sudah diketahui saat di bangku kuliah maupun yang belum diketahui mahasiswa untuk langsung dipraktikkan di Global FM.

Bacaan Lainnya

Penulisan naskah radio di Global FM dibilang penting karena tujuannya agar pendengar paham apa yang kita beritakan tersebut, tidak ada sedikit pun informasi yang tertinggal, harus bisa dipastikan data dan fakta dalam sebuah berita yang disampaikan nantinya tersusun secara logis atau jelas.

Dalam pembuatan sebuah naskah berita, Mahasiswa ditekankan untuk mencari berita lewat portal berita online yang terpercaya dan akurat. Di Global FM sendiri dalam menentukan sebuah berita itu harus sesuai fakta, aktual, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu dalam berita juga harus menghindari kutipan langsung, memuat 5w+1h karena unsur inilah yang harus terkandung dalam sebuah berita.

Mahasiswa juga diajarkan tentang teknik bridging dalam menulis sebuah berita , Teknik Bridging yang Mahasiswa pahami dari yang sudah dijelaskan oleh penyiar Global FM adalah kalimat awal di sebuah berita agar tidak langsung menuju ke inti berita, harus memberikan pembahasan dari topik lain yang relevan dengan topik berita yang akan kita sampaikan nantinya untuk kemudian disambungkan menjadi sebuah berita yang berkualitas.

Itu dilakukan supaya pendengar tertarik ataupun penasaran atas berita yang disampaikan tersebut dan tidak terdengar datar atau monoton.

Dianjurkan juga dalam menulis sebuah naskah berita, untuk bisa menerapkan piramida terbalik, jadi dalam kalimat pertama harus memuat pokok atau gagasan inti dari berita yang akan dibawakan kemudian dilanjutkan dengan data-data penting atau penjelasan tambahan dan diakhiri dengan informasi yang bukan bersifat informasi utama agar pendengar langsung tertarik untuk mendengarkan sampai berita itu selesai disiarkan.

Dalam prosesnya, mahasiswa magang pastinya mendapat banyak ilmu dan wawasan seputar bagaimana cara mencari, menulis berita hingga pemilihan kalimat yang tepat dan menarik, serta mendapatkan pengalaman yang berkesan untuk digunakan nantinya ke dunia kerja yang sesungguhnya. S

elain itu, Mahasiswa juga dapat menambah relasi serta pengetahuan-pengetahuan baru yang tidak didapat di bangku perkuliahan. S

emoga dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan efek yang positif bagi pihak Global FM maupun pihak Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.