Meningkatkan Eksistensi Candi Dermo Wonoayu Sidoarjo, Oleh Tim KKN-P Candinegoro

  • Whatsapp
Candi Dermo terletak di Dusun Candi Santren, Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo [IST]

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-P) Universitas Muhammdiyah Sidoarjo Kelompok 30 yang bertempat di Desa Candinegoro berusaha melakukan peningkatan eksistensi Candi Dermo, pada Minggu (21/03/2021).

Candi Dermo terletak di Dusun Candi Santren, Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Candi Dermo sudah berdiri sejak zaman majapahit yang mulanya bukan candi melainkan gapura atau pintu masuk dari kerajaan yang dibawah naungan Adipati Terung. Candi Dermo telah mengalami perbaikan dan tahap pemugaran yang dilakukan mulai awal tahun 2014 sampai tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Rendahnya eksistnsi Candi Dermo membuat Tim KKN-P Candinegoro memutuskan untuk memperkenalkan dan menambah eksistensi Candi Dermo dengan cara menambahkan lampu sorot agar keindahan Candi Dermo dapat dinikmati tidak hanya pada siang hari namun juga pada saat malam hari.

Selain itu Tim KKN-P Candinegoro bekerjasama dengan Filosofi Sidoarjo untuk membuat video cinematic untuk memperkenalkan Candi Dermo.

Dimana mereka juga merupakan komunitas yang mengangkat tentang budaya-budaya yang ada di wilayah Sidoarjo. Tim filosofi Sidoarjo

Tim KKN-P Candinegoro melakukan peningkatan terhadap Candi Dermo, dikarenakan situs tersebut belum mendapat banyak perhatian dari pemerintah dan perhatian dari masyarakat.

“ Dengan memperkenalkan Candi Dermo kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sidoarjo agar lebih peduli dan juga turut serta membantu melestarikan situs yang ada di kabupaten Sidoarjo, khususnya Candi Dermo yang belum terlalu dikenal oleh orang-orang bahkan di daerah wonoayu sendiri. ” Tutur Rindi Kartika Sari, Wakil Ketua KKN-P 30

Penulis : Mifta Aulia Ramadhani dan Alfaiqoh Liddiniyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *