Menjunjung Literasi di Sudut Ruangan

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Tahun 2021 masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 yang sudah mewabah selama satu tahun dari tahun 2020. Karena wabah Covid-19 ini seluruh aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat terbatas. Wabah ini berdampak hampir ke seluruh bidang, mulai dari bidang kesehatan, ekonomi hingga bidang pendidikan.

Untuk bidang pendidikan banyak siswa yang dirugikan dengan wabah ini karena anak anak diharuskan belajar dari rumah untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19. Dengan metode belajar dari rumah banyak anak anak yang kurang faham dengan pelajaran sekolah. Para orang tua juga mengeluhkan bahwa metode itu kurang efektif jika dilakukan dalam jangka waktu lama sebab dapat membuat anak anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Bacaan Lainnya

Pada saat ini kemampuan literasi pada anak anak ataupun pada remaja mulai berkurang. Yang mana literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi melalui proses membaca. Hal itu dapat dilihat dari proses berfikir mereka yang kurang luas. Rendahnya kemampuan literasi ini tidak hanya terjadi di kota tetapi di desa juga seperti itu.

Seperti di Desa Ganggang Panjang, kemampuan literasi masyarakat desa sangat terbatas. Bahkan di desa tersebut tidak ada perpustakaan desa yang menjadi bagian penting dari proses penyebaran budaya literasi. Maka dari itu, kelompok KKN 48 menyulap salah satu ruangan balai desa Ganggang Panjang yang tak terpakai menjadi Corner Al-Islam.

Corner Al-Islam sendiri merupakan sebuah perpustakaan mini desa setempat yang menyediakan layanan peminjaman buku. Terdiri dari berbagai jenis buku, mulai dari buku cerita, buku pelajaran sekolah, hingga buku literasi untuk perguruan tinggi. Selain itu juga tersedia buku dan majalah terkait keislaman.

Corner Al-Islam sudah mulai beroperasi sejak tanggal 8 Maret 2021. Pengunjung utamanya adalah anak-anak sekolah dasar desa setempat. Biasanya mereka membaca buku setelah selesai mengikuti program sekolah pintar yang juga diadakan oleh tim KKN-P 48 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan adanya Corner Al-Islam ini diharapkan masyarakat Desa Ganggang Panjang semakin tertarik membaca dan budaya literasi semakin meningkat.

Penulis : Eka Yulianti, Adelia Fadillah Purwianto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *