Menuju Desaku Pintar, Desa Mungli Lakukan Inovasi Dengan Adakan Pelatihan PHBS

0
255

LAMONGAN. Radarbangsa.co.id –  Desa-desa di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur kini memiliki indikator untuk mengukur tingkat kemajuannya. Dan salah satu indikator tersebut yakni Program Desaku Pintar (Desa Karakter Unggul Dan Pintar) yang diluncurkan oleh Bupati Lamongan beberapa waktu yang lalu.

Sebagai salah satu desa yang masuk kategori Desaku Pintar di Kabupaten Lamongan, Desa Mungli harus memenuhi salah satunya yakni pelayanan kesehatan.

“Segmentasi indikator pelayanan kesehatan diantaranya yakni desa harus berinovasi menuju desa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),”kata Kepala Desa (Kades) Sutrisno,SP saat berikan sambutan di Kantor Desa.Kamis (10/01/2019) pagi.

“Dari sisi warga sendiri harus mampu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu guna menunjang peningkatan kwalitas kesehatan masyarakat maka Pemerintah Desa (Pemdes) Mungli harus bekerjasama dengan Puskesmas Kalitengah,”tuturnya.

Menurutnya, kerjasama tersebut untuk melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pelatihan ini di ikuti oleh kader kesehatan masyarakat desa dan juga tokoh agama dan tokoh masyarajat Desa Mungli.

“Tujuan daripada diadakannya sosialisasi ini adalah sebagai upaya pemdes untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat”,ujarnya.

Lebih lanjut Trisno panggilan Sutrisno,SP disampaikan bahwa PHBS di rumah tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga ber PHBS dengan melakukan 10 (sepuluh) PHBS yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Selanjutnya menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

“Tahun ini ada beberapa inovasi terkait PHBS, kami mohon doanya semoga dapat berjalan lancar dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkas Kades yang dikenal ramah.

Dalam sambutannya Kepala UPT Puskesmas Kalitengah yang diwakili drg.Mahmudi menyampaikan pentingnya inovasi setiap program Puskesmas dalam meningkatkan kwalitas kesehatan dengan menggali permasalahan yang ada dan membantu solusi pemecahan masalah di Desa Mungli.

Untuk pemaparan monitoring dan evaluasi (monev) program kesehatan di Kecamatan Kalitengah dan diskusi menggali permasalahan, mengakomidir keinginan masyarakat dan memberikan solusi potensi inovasi di Desa Mungkin disampaikan Pelaksana Gizi Siswanto.

Petugas Puskesmas Keliling H.Subeki tidak mau kalah, dengan menyajikan materi Manajemen PHBS yakni berupa Program inovasi terpilih “Geber Jitu PHBS” (Gerakan Bersama Jalin Integrasi Menuju Desa PHBS) di Desa Mungli tahun 2019.

Kemudian diakhir sosialisasi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen untuk mewujudkan Desa PHBS.

Reporter : M.N Huda/Trs
Publish : Zainul Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here