Momentum Hari Buku Nasional, Stiesa Gelar PKM di SDN Menur Pumpungan

PKM
Siswa SDN Menur Pumpungan antusias dan gembira ikuti kegiatan PKM Stiesia, Jumat (17/05/2024), yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB (Foto : FYW)

SURABAYA, RadarBangsa.co.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesa) Surabaya menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Menur Pumpungan bertepatan dengan momentum Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei.

PKM Stesia yang digelar mulai pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh siswa kelas 3 SDN Menur Pumpungan didampingi Kepala Sekolah dan para Guru. Sementara dari pihak Stesia yang bertugas dalam PKM tersebut diketuai Yayah Atmajawati dibantu oleh Bambang Hadi Santoso, Farida Idayati, Achmad Djunaidi, Nur Tsalitsa Wahyu Sulthona, Ezra Amelia dan sejumlah Mahasiswa Semester 4 serta Semester 6 Fakultas Ekonomi Stiesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PKM Stiesia yang bertemakan “Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Anak SDN Menur Pumpungan” itu mendapat apresiasi dan dukungan penuh Lurah Menur Pumpungan, Ali Pranoto dan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Syaiful Bachri.

Beragam cara digunakan tim PKM Stiesia agar bisa semakin meningkatkan minat baca siswa SDN Menur Pumpungan. Mulai dari bernyanyi bersama mengikuti teks di layar, kuis interaktif berhadiah, mendongeng, hingga menghadirkan badut.

Lurah Menur Pumpungan, Ali Pranoto memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Stiesia.

“Dimana kampus Stiesia ini peduli kepada masyarakat terutama menyesuaikan dengan kondisi momen hari Buku Nasional,” tutur Ali, panggilan karibnya.

Artinya menurut Ali, Stiesia peduli terhadap anak-anak bangsa sejak dini mulai tingkat SD dengan harapan dapat meningkatkan minat baca untuk menjadi kunci sukses di masa depan.

“Mudah-mudahan anak-anak kami menjadi generasi penerus kita yang cerdas dan berakhlak,” ucapnya.

Ia menilai Stiesia telah memberikan pengabdian yang luar biasa kepada masyarat di lingkungan Kelurahan Menur Pumpungan.

“Menurut saya, Stiesia betul-betul bisa dijadikan contoh yang baik,” pujinya.

Sedangkan Ketua PKM di SDN Menur Pumpungan, Yayah Atmajawati menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memperingati hari Buku Nasional.

“Alasan memilih SDN Menur Pumpungan karena pihaknya ada kerjasama dengan Kelurahan Menur Pumpungan,” ungkap Yayah, sapaan akrabnya.

Perempuan yang kesehariannya berprofesi sebagai Dosen di Stiesia ini berharap PKM Stiesia di SDN Menur Pumpungan bisa meningkatkan minat baca.

“Dimana adik-adik ini cikal bakal penerus bangsa,” imbuhnya.

Selanjutnya pihaknya kata Yayah ingin kembali menggerakkan budaya suka membaca yang menjadi bagian dari jendela dunia.

“Dengan membaca, adik-adik ini bisa mempunyai menambah wawasan dan mempunyai cita-cita setinggi mungkin,” pungkasnya.

Kepsek SDN Menur Pumpungan, Kunarti bersyukur sekolahnya mendapat tamu kehormatan dari Stiesia karena telah membantu menumbuhkan minat baca.

“PKM Stiesia ini menunjang program rutin sekolah kami yang mana para siswa setiap istirahat dan sepulang sekolah ada kegiatan mengunjungi perpustakaan,” terangnya.

Ia merasa senang kegiatan PKM Stiesia ini bisa membuat anak didiknya bergembira dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Kunarti memastikan SDN Menur Pumpungan setiap saat selalu siap bekerjasama dengan kampus Stiesia.

“Karena bermanfaat meningkatkan pengetahuan anak didik kami,” tutupnya sumringah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *