Orientasi Kewartawanan Oleh Forum Wartawan Lokal Jateng ‘FWLJ’ bekerjasama dengan PWI Semarang

  • Whatsapp
Orientasi Kewartawanan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), bertempat di Balaikota Ruang Lokakrida Gedung Moch Ichsan lantai 8 Balaikota Semarang [OKI/RadarBangsa.co.id]

SEMARANG, RadarBangsa.co.id – Kredibilitas adalah aset utama bagi seorang Wartawan, untuk itu FWLJ (Forum Wartawan Lokal Jawa Tengah) mengadakan Orientasi Kewartawanan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), bertempat di Balaikota Ruang Lokakrida Gedung Moch Ichsan lantai 8 Balaikota Semarang.

Dihadiri 52 Wartawan dari berbagai media, baik on-line maupun cetak, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dengan cek suhu tubuh dan tetap menggunakan masker.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya berita diluaran yang mengatakan bahwa Wartawan banyak yang tidak mempunyai legalitas, maka dengan diadakannya Orientasi ini kita menepis anggapan itu, dan berharap FWLJ dapat menjadi Wadah yang bisa mempersatukan Wartawan yang ada di Jawa tengah ungkap Adi.S (Ketua FWLJ).

Acara yang dihadiri ketua PWI Jateng Amir Mahmud dan narasumber Sri Mulyadi,Indra Kelana serta Wudiyartono, Orientasi Kewartawanan FWLJ Jilid Pertama dapat terlaksana.

Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud menyampaikan pesan dalam sambutannya tentang Profesionalitas dan etika Jurnalistik, beliau juga mengatakan bahwa Wartawan yang dihargai adalah Wartawan yang memahami KEJ (Kode Etik jurnalistik), sehebat apapun Kemampuan dalam menulis berita, akan luntur bila tidak memperhatikan Aspek dan Kode Etik Jurnalistik.

Sri Mulyadi atau dikenal dengan nama Mbah Mul juga menegaskan, kita sebagai Wartawan biar miskin tidak apa-apa asal ‘Sombong’, sombong disini mengartikan bahwa seorang Wartawan adalah Profesi yang sangat Mulia sebagai Kontrol Sosial, untuk itu Mbah Mul berharap supaya menjadi wartawan yang cakap dan trampil dalam pemberitaan dan mematuhi kode etik jurnalistik/regulasi yang ada, menjadi wartawan yang independen tidak memihak dan tidak berdiri diatas kepentingan ,memberitakan “Kebenarab bukan Pembenaran’.

Panitia mengucapkan terimakasih kepada Amir Mahmud selaku Ketua PWI Jateng dan jajarannya, Pak Solikin, Mbah Mul Pak Widiartono, Mas Iwan Kelana yang nantinya akan membimbing para jurnalis untuk menjadi seorang wartawan yang Profesional dalam menjalankan profesi jurnalistiknya.

Peserta sangat berharap, nantinya akan lolos dan memperoleh Kartu Wartawan Muda PWI Jateng dan berharap kedepan FWLJ dapat menjadi Sekoci dari kapal besarnya PWI Jateng untuk ikut berpartisipasi dalam Proses Pembelajaran peningkatan kualitas SDM.

Dengan kesatuan antar Wartawan diharapkan dapat menjadi kekuatan besar bagi media untuk tetap menjadi Kontrol Sosial yang independen dan Amanah, karena profesi Wartawan adalah Profesi yang sangat mulia.

(Oki/Agus P)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *