Panglima Komando Wilayah Pertahanan III, mengingatkan prajurit ‘Timika bukan daerah darurat meliter

Panglima komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letnan Jendral TNI. I Nyoman Cantiasa. (Dok Puspen TNI)

JAKARTA, RadarBangsa.co.id  – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa mendatangi langsung pos TNI di Mako Brigif 20/IJK Timika, Mimika, Papua. Dalam kunjungannya, Cantiasa memberikan arahan tugas kepada para komandan satuan (dansat) di sana.

“Bila terjadi tindak pidana, ya serahkan ke kepolisian.

Bacaan Lainnya

Karena ini bukan daerah darurat militer, ini tertib sipil, ini berlaku normal,” kata Cantiasa dalam keterangan pers tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Kendati demikian, Cantiasa juga mengimbau kepada pasukan agar tetap waspada dalam menjalankan tugas di sana.

“Tapi di sini kalian tetap harus waspada, jangan lengah, karena pasukan sehebat apa pun, kalau dia lengah, selesai,” ujarnya.

Cantiasa menekankan para prajuritnya untuk senantiasa berinovasi dan kreatif dalam bertugas melakukan pembinaan teritorial (binter) dan komunikasi sosial (komsos) dalam rangka percepatan pembangunan dan sekaligus memberikan keamanan.

“Adapun penekanan yang disampaikan kepada seluruh prajurit yang bertugas di pos-pos depan agar lebih banyak berinovasi, berkreativitas, dan melakukan komsos dengan masyarakat, termasuk tokoh-tokoh masyarakat dalam penugasan.

Panglima komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) Menegaskan’
“Jangan sekali-kali merugikan dan menyakiti hati rakyat. Keberadaan TNI di sini harus menjadi solusi, bantu kesulitan yang dihadapi rakyat Papua,” sambungnya

Dalam kunjungan tersebut, dijelaskan juga redisposisi pos yang sudah mulai tidak efektif. Selain itu, dansatgas di sana juga menjelaskan terkait situasi keamanan di wilayah Mimika yang semakin kompleks.

Terkait hal tersebut, Cantiasa menekankan para prajurit untuk melakukan binter dengan baik, terutama melalui kegiatan komunikasi sosial.

“Saya berharap apa yang menjadi perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa benar-benar dapat dilaksanakan, lakukan binter dengan baik melalui kegiatan komsos setiap saat dengan masyarakat di daerah penugasan. Jaga kesehatan dan fokus dalam tugas,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *