PCC RSUD Provinsi NTB Lakukan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

MATARAM, RadarBangsa.co.id – Province Command Center (PCC) RSUD Provinsi NTB hadir menjawab kebutuhan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan (home medical services) yang kini hadir di Rumah anda. Salah satu layanan kesehatan rumah ( home medical service/home care) adalah layanan paliatif.

Hal tersebut adalah guna mewujudkan visi dan misi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang ingin memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dengan misi membuat rakyat sehat.

Bacaan Lainnya

Bicara tentang layanan paliatif, paliatif itu sendiri merupakan perawatan pada seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan cara memaksimalkan kualitas hidup pasien serta mengurangi gejala yang mengganggu, selain itu juga melalui pengurangan nyeri, dengan memperhatikan aspek psikologis dan spiritual pasien maupun keluarga.

Perawatan ini juga menyediakan sistem pendukung untuk menolong keluarga pasien dalam menghadapi kematian dari anggota keluarga yang dicintai sampai dengan masa berkabung.

Tujuan utama perawatan paliatif adalah bukan untuk menyembuhkan penyakit, tetapi lebih pada peningkatan kualitas hidup serta yang ditangani pada perawatan paliatif tidak hanya pasien, melainkan juga keluarganya.

Baru-baru ini RSUD Provinsi NTB melalui PCC (Province command center) juga melakukan kegiatan pelatihan “Bantuan Hidup Dasar” untuk seluruh security Bank Mandiri Se Pulau Lombok.

“Pelatihan ini mengajarkan bagaimana security harus bersikap dalam memberikan bantuan hidup dasar seperti napas buatan pada orang yang henti napas, maupun pemberian kompresi dada pada korban yang henti jantung dapat menyelamatkan nyawa korban yang kita temukan dimanapun atau lebih dikenal dengan RJP (resusitasi jantung paru) dan semoga bagian dari Hospital Social Responsibilty dapat bermanfaat bagi security yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan perbankan”. Jelas Dr. Eko Widya Nugroho selaku Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Provinsi NTB

Dr. Eko juga menjelaskan bahwa dalam keseharian dan aktivitas juga sering ditemukan kejadian seseorang yang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba atau menemukan korban dijalan, menghadapi hal tersebut yang harus dilakukan adalah dengan memberi Bantuan Hidup Dasar, yaitu serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung (cardiacarrest). Akan tetapi sering kali karena awam terhadap hal tersebut sehingga bingung apa yang seharusnya dilakukan.

Untuk informasi lebih detail terkait layanan Home care perawatan Paliatif, dapat langsung menghubungi Emergency call PCC RSUDP NTB 0800-1111-119 (24 jam bebas pulsa) dan di nomor Whatsapp telekonsultasi medis 081-911-000-119

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *