Pelanggan Kecewa, Air PDAM Lamongan Mampet Dinas Terkait Mohon Maaf dan Tindakannya Molor

  • Whatsapp
Warga Lamongan saat antri mengisi air bersih akaibat PDAM mampet [IST]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Sudah tiga hari ini pelanggan air di kawasan pemukiman warga desa Sukorejo kecamatan Turi berteriak, karena air dari layanan Perusahaan Daerah Air minum (PDAM), Kabupaten Lamongan, Jawa Tumur, mampet. Kondisi tersebut dikeluhkan para pelanggan karena hal itu sudah kerap terjadi.

Akibat mampetnya air PDAM sejak hari Jum’at 28 Mei 2021 kemarin, para pelanggan tidak dapat menikmati air bersih sehingga mereka terpaksa membeli air curigen gerobak ke telaga untuk persediaan air bersih untuk mandi, mencuci dan memasak.

Bacaan Lainnya

“ Iya air PDAM lagi mampet mas jadi susah, sejak hari Jum’at kemarin. Padahal dari pemberitahuan sebelumnya memang ada perbaikan untuk perawatan jar8ngan mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Namun, anehnya sampai saat ini masih mampet,” ujar Arin warga Desa Sukorejo Kecamatan Turi. Minggu (30/05/2021)

Kejadian mampetnya air PDAM menurut Arin menunjukkan ketidakseriusan pengelolaan managemen PDAM. Padahal tarif yang dikenakan PDAM kepada masing masing pelanggan sudah dibayar.

Hal senada juga dikeluhkan oleh mbak Sih panggilan akrabnya warga Desa Karangkangit, Kecamatan/Kabupaten Lamongan. Sejak air PDAM mampet dirinya terpaksa harus menimba air dari sumur tetangga, lumayan sih mas agak jauh dikit tempatnya.

Tapi Alhamdulillah sumbernya lancar, kalau ndk lancar apa jadinya mas. “Saya ini keseharian punya warung jadi setiap kali butuh air untuk cuci cuci gelas dan lainnya, belum lagi untuk cuci cuci di dapur. Setiap hari butuh air bersih juga untuk kebutuhsn memasak,” sambungnya.

Dia mengaku terpaksa mengambil air bersih dari sumur. Namun air sumur rasanya ampang dan belum tentu terjamin kebersihannya (Higienis).

Bahkan sampai sampai ada selogan dari lelanggan “Perihnya Luka Tak Seperih Gak Duwe Banyu Gawe Adus, PDAM Ulahmu Buat Sengsara Banyak Warga”. (Perihnya Luka Tak Seperih tidak Punyw Air Buat Mandi, PDAM Ulahmu Buat Sengsara Banyak Warga)”.

Sebelumnya ada pemberitahuan dari PDAM kepada pelanggan bahwa ada perawatan jaringan air bersih PDAM.

Perumda Air Minum Kabupaten Lamongan Tirta Dharma. Himbauan Agar Menapung Air pada Jum’at, 28 Mei 2021 pukul 13.00 s.d 17.30 WIB.
Dilakukan pekerjaan :
1. Pemeliharaan CT/PT pada Kubikel 20 KV
oleh PLN di IPA Babat.
2. Koneksi Pipa 400 HDPE di Kebalandono yang mengakibatkan Pendistribusian Air kepada Pelanggan mengalami penurunan sampai dengan berhenti mengalir di wilayah: Unit Babat, Unit Made Unit Pucuk, Unit Deket, Unit Sekaran, Lamongan Kota, Unit Sukodadi Lamongan Selatan & Unit Turi dan Perum Graha Indah.

Dihimbau kepada pelanggan Perumda Air Minum agar melakukan penampungan air Mohon Maaf  atas ketidaknyamanannya. www.lamongankab.go.id/pdam perumda.airminum_lamongan 0812-3081-4099 Hubungan Langganan.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Lamongan Perusahaan Umum Daerah Air Minum di Jalan Lamongrejo Nomor 96 Telp. (0322) 321571-324015 Fax. (0322) 324015 Email: pdamlamongan@yahoo.co.id Lamongan.

Perihal Permohonan siaran keliling disampaikan Kepada Yth. Sdr. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan sebagai berikut,

Dengan ini diberitahukan bahwa sehubungan dengan adanya pemeliharaan CT/PT pada kubikel 20 kv untuk meningkatkan keandalan aliran listrik di IPA Babat, dan penyambungan Pipa Jaringan Distribusi Utama ( JDU ) diameter 400 mm.
Terletak di Desa Moropelang dan Desa Kebalandono pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021 mulai jam 13.00 – 17.30 WIB.

Maka untuk sementara waktu pendistribusian air di wilayah Babat, Pucuk, Sekaran, Sukodadi, Turi, Made, Lamongan kota, Perumahan Graha Indah, Sidomukti dan Deket akan mengalami gangguan.
Untuk itu dimohon bantuannya agar segera diinformasikan melalui mobil siaran keliling Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan.

Demikian atas bantuan dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.
Tertanda  An. Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Lamongan, Kepala Bagian Langganan Budi Rahmad, SE. Tembusan disampaikan kepada : Yth. Sdr. Ketua Dewan Pengawas Perumda Air Minum Kabupaten Lamongan.

Direktur PDAM Lamongan Ali Mahfudi saat dikonfirmasi RadarBangsa.co.id tentang sehubungan dengan adanya pemeliharaan CT/PT pada kubikel 20 kv untuk meningkatkan keandalan aliran listrik di IPA Babat, dan penyambungan Pipa Jaringan Distribusi Utama ( JDU ) diameter 400 mm.

Terletak di Desa Moropelang dan Desa Kebalandono pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021 mulai jam 13.00 – 17.30 WIB dan sekitarnya.

“Pihaknya menyampaikan, setelah dilakukan penyambungan Pipa Jaringan Distribusi Utama ( JDU ) diameter 400 mm untuk di Desa Moropelang sudah ready sedangkan di Balandono terjadi troble karena jebol lagi dan Alhamdulillah baru ready pukul 11.07 WIB.

Mohon para pelanggan bersabar lagi karena dimungkinkan untuk proses pengisian Pipa Jaringan Distribusi utama sebelum ke Sambungan Rumah (SR) warga pelanggan berjalan 2 x 24 jam.

Selaku Direktur PDAM, ia memohon maaf karena ada perubahan kemuduran scedule jadwal karena teknik,” pungkasnya

(Iful/Harun)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *