Pemdes Babakan Support Perkembangan UMKM Hingga Sukses

Kepala Desa Babakan, Moch Rival Andrianto, S.E.

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Guna mendongkrak perekonomian masyarakat, berbagai macam cara dilakukan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Babakan, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Salah satunya melalui Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Babakan, Moch Rival Andrianto, S.E, saat ditemui Radarbnagsa.co.id, di ruang kerjanya, Senin (1/8/2022).

Bacaan Lainnya

Moch Rival menyampaikan, jika pihaknya sejauh ini terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para pelaku UMKM, dan berkomitmen untuk terus mensupport sampai sukses, hingga para pelaku UMKM bisa bersaing dikancah nasional dan bahkan go internasional.

Berbagai macam usaha yang ada di Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, yakni Kripik pisang khas Lumajang, dimana Wilayah Lumajang merupakan kota pisang yang sangat kaya akan bahan baku pisang menjadi energi tersendiri, usaha Kripik Ketela, dimana Ketela pohon di Lumajang juga sangat melimpah, UMKM Jamu Tradisional, Pengrajin Mebel masing masing bahan baku bisa didapat dengan mudah dan murah untuk itu harus berkembang.

Masing masing usaha tersebut saat ini sudah berjalan dan telah diberikan sosialisasi terkait persoalan labeling halal dan packaging serta metodologi pemasaran yang benar, baik pemasaran manual maupun digital serta berupaya didongkrak dari berbagai sektor yang lainya guna memaksimalkan potensi yang ada pada pelaku UMKM.

Selain itu Kades Rival juga menyampaikan bagi mereka yang kesulitan permodalan akan diberikan solusi dalam menyelesaikan persoalan modal yakni diuruskan pinjaman lunak tanpa agunan selain soal urusan perijinan atas produk yang mereka pasarkan pada Masyarakat luas.

“Surat keterangan dari desa bisa membantu mereka yang kesulitan dalam bidang permodalan dengan cara dicarikan pinjaman lunak tanpa agunan, semua itu merupakan usaha pihak desa bersama stake holder agar masyarakat pelaku UMKM bisa berkembang dengan maksimal,” Kata orang nomor satu di desa Babakan ini.

Pasca pandemi Covid 19 yang mematikan berbagai sektor sendi perekonomia kemarin juga berdamapak buruk bagi mereka dan saat ini mereka mulai kembali bangkit dan diharapkan bisa berkembang secara maksimal kedepanya.

Namun demikian Kades Babakan Kecamatan Padang Lumajang juga menekankan sukses tidaknya UMKM di desanya juga kembali lagi pada para pelaku, untuk itu pelaku usaha UMKM juga harus komitmen untuk terus maju dan berkembang agar usahanya juga terus berkembang dengan maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.