Pemdes Bajulan Madiun Manfaatkan Dana IMB KOTAKU, Bangun Drainase dan Jalan Paving

MADIUN, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Bajulan Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan paving blok lingkungan dan pembangunan Drainase, bersumber dari dana IBM KOTAKU.

Bangunan yang bervolume 645.4 meter dan 414 meter, bertempat di Rt 01 Rw 01, Rt 02 Rw 01, Rt 04 Rw 02 dan Rt 05 Rw 03, anggaran dana yang di gunakan sebesar Rp. 750.000.000 ( tujuh ratus lima puluh juta rupiah), tahun anggaran 2022.

Kades Bajulan Hari Purnomo, SE, mejelaskan, sebagai solusi dalam menyelesaikan buruknya sistem saluran pembuangan air hujan yang menggenangi jalan dan mengakibatkan jalan berlubang. Kegiatan pekerjaan di pantau dengan tim pengelola kegiatan(TPK), Pemdes, BPD dan masyarakat sehingga pekerjaan bermanfaat untuk masyarakat.

“Jalan dan drainase ini bertujuan nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga, memperlancar aktivitas antar lingkungan dan mencegah banjir”, jelasnya. Selasa (27/09)

Kades menambahkan, dikit demi sedikit membenahi infrastruktur yang ada di desa bajulan, Supaya seluruh lingkungan di desa Bajulan bisa lebih maju, karena keterbatasan dana maka pembangunan di lakukan secara bertahap.

“Karena segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai, salah satunya yakni akses jalan.
Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa Bajulan dan masyarakat pada umumnya”, tambah Kades.

Di himbau, lanjut Kades, untuk masyarakat, mari menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah ada, karena permasalahan yang sering terjadi dalam sebuah sistem drainase adalah orang yang tidak bertanggung jawab.

“Seperti membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan saluran drainase tersumbat dan akan menyebabkan masalah besar yaitu air tidak masuk ke selokan dan menggenangi jalan, yang mengakibatkan jalan berlubang sana sini, maka mari kita jaga bersama-sama,” pungkasanya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *