Pemerintah Kabupaten Batang Dorong Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

BATANG, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Kabupaten Batang Jawa Tengah, terus mendorong pengembangan usaha ekonomi kreatif masyarakat di tengah pandemi COVID-19 sebagai upaya memulihkan perekonomian warga.

Wakil Bupati Batang Suyono di Batang, Senin (08/3/2021) mengatakan bahwa pemkab siap memberikan pendampingan dalam pemulihan ekonomi tersebut seperti dengan melakukan pelatihan, bimbingan, dan bantuan permodalan bagi pelaku UMKM.

Bacaan Lainnya

“Ada bantuan lunak yang ditawarkan pada pelaku usaha, tinggal mereka berani atau tidak dalam upaya mengembangkan usaha itu karena biasanya warga tidak mau ribet untuk mendapatkan pinjaman usaha,” katanya.

Ia mengatakan sebenarnya pemerintah sudah banyak membuka program UMKM untuk memulihkan perekonomian warga di tengah pandemi COVID-19 tetapi hal tersebut juga tidak dimanfaatkan oleh mereka.

“Ya, satu di antaranya karena mereka tidak mau ribet atau pun mengakses untuk mendapat bantuan itu. Melalui bantuan baznas, warga dapat mengajukan ke pemkab tetapi hal itu terkadang mereka tidak mau ribet dengan pengajuan persyaratannya untuk mendapat bantuan pinjaman,” katanya.

Suyono mengatakan di tengah pandemi COVID-19, pelaku UMKM memang harus “ditemani” karena mereka sedang dalam kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

“Oleh karena, kami akan membimbing dan membantu pengajuan pinjaman lunak pada perbankan, disamping ada bantuan dari pemerintah daerah,” katanya.

Ia menambahkan untuk mendorong dan memberikan semangat warga di tengah kesulitan ekonomi dan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, dirinya terjun langsung ke masyarakat untuk sekadar memberikan bantuan sembako.

(Nanik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *