Pemkab Bangkalan Akan Bangun Dua Gedung Baru di Sentra IKM Tahun ini

BANGKALAN, RadarBangsa.co.id – Pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) di Kecamatan Labang Bangkalan terus berlanjut. Bahkan tahun ini Pemerintah akan menambah dua gedung untuk melengkapi fasilitas yang ada.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Bangkalan Agus E. Leandy menyampaikan, dua gedung baru yakni fasilitas dan produksi. Nantinya, gedung fasilitas akan difungsikan sebagai aula berbagai macam kegiatan.

Bacaan Lainnya

“Pembangunannya dimulai bulan Agustus kemarin, targetnya empat bulan. Jadi, Desember harus bisa diselesaikan,” ujarnya, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, untuk gedung produksi akan difungsikan membuat produk unggulan khas Bangkalan. Sebab, sentra IKM tersebut akan ada program one village one product. Yakni, satu ruang IKM nantinya akan dijadikan tempat produksi satu produk lokal. Bahkan direncanakan akan memilih produksi batik untuk ditempatkan di lokasi.

“Pengembangan batik, kami rencanakan rumah batik. Tapi dalam perkembangannya, bisa jadi nanti akan ada produk unggulan lainnya yang akan ditempatkan di sentra IKM,” ungkapnya.

Agus menuturkan, gedung tersebut akan dijadikan lokasi pembuatan batik tulis khas Bangkalan. Untuk itu, akan bekerja sama dengan pembuat batik di Kecamatan Tanjung Bumi. Selain itu, dengan dipusatkannya produk unggulan di sentra IKM untuk mempermudah pembinaan UMKM.

“Meski saat ini UMKM yang akan ditempatkan di gedung produksi hanya batik, namun tidak menutup kemungkinan akan ada produk unggulan lainnya yang akan ditempatkan disana. Khususnya, UMKM yang ada di bawah naungan kami. Sebab, gedung tersebut dibangun dengan cukup luas,” jelasnya.

(***/Lan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *