Pemkab Lamongan Kukuhkan Komisi Irigasi

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri acara pengukuhan (IST)

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Kabupaten Lamongan mengukuhkan Komisi Irigasi (Komir) periode 2022-2024, Selasa (22/11) di Pendopo Lokatantra Lamongan. Berjumlah 39 anggota dari unsur Pemerintah, GHIPPA (Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air), Gapoktan, dan unsur profesional, Komir Lamongan dijadikan wadah untuk mengungkit kesejahteraan pertanian di Kabupaten Lamongan.

“Tugas utama kalian semua ialah menangani irigasi, yang nantinya akan mengungkit kesejahteraan pertanian di Lamongan,” tutur Bupati Lamongan yang juga bertindak sebagai Pelindung Komir Lamongan Yuhronur Efendi saat acara pengukuhan pagi tadi.

Bacaan Lainnya

Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu mengajak Komir untuk mendorong kegiatan pertanian di Lamongan mulai dari pengelolaan lahan, peraian, hingga pasca produksi. Dengan itu akan memberikan output maksimal di bidang pertanian sehingga dapat mengungkit pertumbuhan ekonomi di Lamongan.

“Bidang pertanian salah satu bagian dari pertumbuhan ekonomi di Lamongan. Dimana kalau pertaniannya sejahtera maka hasilnya juga akan menambah nilai ekonomi di Lamongan yang sekarang menduduki angka 3,43%,” kata Pak Yes.

Berlandaskan Surat Keputusan awal tahun 2008 dan Peraturan Bupati No 74 Tahun 2008 mengenai pedoman pembentukan pengurus komisi irigasi Kabupaten Lamongan. Komir Lamongan berkomitmen menjadi organisasi yg dapat membantu memberikan masukan rumusan kebijakan untuk meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan serta masukan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi daerah irigasi yang berada di wilayah kewenangan Pemerintah Kabupaten Lamongan dan kewenangan Pemerintah Provinsi maupun Kewenangan Pemerintah Pusat.

“Komitmen kami ialah meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan. Disamping itu kita akan memberikan masukan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi daerah irigasi di wilayah kewenangan. Sehingga kita bisa mempertahankan predikat Lamongan sebagai lumbung pangan nasional di Jawa Timur,” tutur Kepala Dinas PU SDA yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Harian Komir Lamongan Gunadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *