Pemkab Pasuruan Fokus Pembangunan Pengoptimalan Potensi Unggulan Desa

  • Whatsapp
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf [KMF]

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – Untuk memulihkan perekonomian di masa pandemi, Pemerintah Kabupaten Pasuruan memiliki fokus dan skala prioritas pembangunan. Diantara isu strategisnya mengacu pada penguatan kelembagaan ekonomi desa. Hal itu disampaikan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dalam sambutannya di agenda Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2021dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pasuruan Tahun 2022 hari ini, Senin (22/3/2021).

Bertempat di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kepala Daerah menyebutkan bahwa penguatan kelembagaan ekonomi desa (Badan Usaha Milik Desa dan Koperasi) sangat penting untuk dilakukan. Keduanya diharapkan dapat menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat desa, sekaligus mendukung pengelolaan potensi desa.

Bacaan Lainnya

“Dengan berkembangnya aktifitas ekonomi masyarakat perdesaan, akan berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat desa. Tidak hanya terciptanya lapangan kerja saja, penumbuhan ekonomi kreatif dan peningkatan nilai ekonomi produk-produk unggulan desa.

Jika masing-masing desa dapat mengembangkan kelembagaan ekonomi desa dan potensi unggulan yang dimiliki, maka diharapkan kesenjangan pertumbuhan antar desa bisa diminimalkan”, tuturnya.

Menurut Bupati, penguatan kelembagaan ekonomi dan potensi unggulan desa harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur yang berkualitas. Berikut kemudahan pelayanan perijinan, ketenteraman dan ketertiban juga jaringan jalan dan layanan transportasi umum. Yang juga tidak kalah pentingnya, adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta teknologi informatika. Tentunya dengan tetap memprioritaskan pembangunan berwawasan lingkungan.

“Saya dan Pak Wabup berkeyakinan, bagaimana jika potensi unggulan desa kalau kita dorong, perekonomian bisa naik untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga harus benar-benar dimaksimalkan di Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pasuruan Tahun 2022”, pesan Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Gus Irsyad demikian sapaan akrab petinggi nomor wahid di Kabupaten Pasuruan tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya, Forkopimda berikut para pemangku kepentingan.

Pastinya dalam jalinan sinergitas melalui dukungan dan partisipasi aktifnya di dalam pembangunan Kabupaten Pasuruan.

“Kami sangat terimakasih kepada semua OPD, dukungan Forkopimda, TNI/ Polri juga para ormas dan stake holder Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Harapan kami bisa memberikan masukan, saran. Dengan anggaran terbatas, kita bisa capai indikator kinerja. Harus diukur. Perlu dukungan semua pihak”, sampainya.

Di akhir sambutan sekaligus arahannya, Bupati berpesan kepada semua pihak yang terlibat di dalam Musrenbang agar lebih fokus pada rencana pembangunan yang serba terukur. Sehingga mampu membawa kemaslahatan dan kemajuan bersama.

“Marilah dalam Musrenbang ini kita bersama-sama berkomitmen untuk menyepakati usulan program kegiatan pembangunan tahun 2022, sesuai dengan fokus dan prioritas.

Semuanya harus tepat guna, tepat sasaran, terukur dan dapat dirasakan serta berdampak langsung pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan”, himbau Bupati dalam agenda yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasuruan tersebut.

Hadir dalam Musrenbang, Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan. Juga undangan lainnya dari beberapa OPD terkait.

Adapun beberapa poin krusial yang dipaparkan oleh Bupati yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami kenaikan dari 68,29% pada tahun 2019 menjadi 68,6% pada tahun 2020. Demikian halnya dengan Indeks Reformasi Birokrasi, Indeks Williamson dan Indeks Kesalehan Sosial yang naik signifikan.

(RB/kmf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *